PUBLIK

Supervisi Saber Pungli Pusat Bertandang Ke Tala

INFOTANAHLAUT.COM-Kamis pagi (6/2) Kabupaten Tanah Laut kedatangan tamu dari Supervisi dan Koordinasi Tim Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Pusat dan Kementerian Koordinator Bidang Politik,Hukum,dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI.
Dalam kunjungan tersebut langsung menuju ke Sekrerariat Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli di kantor Inspektorat Kabupaten Tanah Laut Jalan A.Syairani Pelaihari.
Tim Saber Pungli yang di pimpin Irjen Pol DR.Drs.Widiyanto Poesoko,M.Si. selaku Sekretaris Satgas Saber Pungli dengan di dampingi Adi Warman,SH,MH,MBA.
Dalam pertemuan tersebut turut di hadiri pula Ketua Pelaksana UPP Satgas Saber Pungli Tanah Laut Kompol Fauzan Arianto, SH, S.IK,Wakil Ketua Pelaksana I,Wakil Ketua Pelaksana II serta Seluruh Pokja UPP Saber Pungli Tanah Laut.
Irjen Pol DR. Drs.Widiyanto Poesoko,M.Si mengharapkan agar ada peningkatan kerja dari Unit Pemberantasan Pungli (UPP) Saber Pungli Kabupaten Tanah Laut. Selain itu ada pencanangan Kota Bersih dari pungli dan salah satu unggulan kota bersih pungli di Kalimantan Selatan harapannya adalah Kabupaten Tanah Laut.
Disamping itu kata Irjen Pol DR. Drs. Widiyanto Poesoko,M.Si adanya target yang bisa di capai bisa ada kemajuan dari UPP Saber Pungli menjadi kota bersih dari pungutan liar.
“Ada yang perlu di benahi terkait masalah pungli ini,selama ini pemberi dan penerima sama-sama terkena hukuman itu untuk masalah suap dan korupsi,akan tetapi berbeda dengan kasus pungli pelakunya itu sendiri yang akan di kenakan hukuman. Pelaku yang meminta dengan cara memeras,memaksa dan ada juga menggunakan cara kekerasan itu yang perlu di tangani segera,”katanya.
Sementara itu,Adi Warman,SH,MH,MBA dari Kemenko Polhukam mengatakan,Satgas Saber Pungli mengucapkan penghargaan kepada UPP Tanah Laut,karena menurutnya UUP Tanah Laut tinggal persoalan dukungan anggaran dari pihak Pemerintah Daerah.
“Kata kunci keberhasikan pemberantasan pungli yakni kesejahteraan rakyat meningkat dan pelayanan publik mutunya bagus,”katanya.
Menurutnya pula,peran serta Pemerintah Daerah berperan aktif meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya,kalau anggaran maksimal di berikan kepada UPP maka bisa di adakan kendaraan operasional pengaduan masyarakat dan berkeliling yang tujuannya untuk menerima laporan masyarakat.
“Bisa di bayangkan,kendaraan pengaduan itu ada di Kantor BPN,terus keliling ke kantor Samsat,yakin pada saat mobil pengaduan itu ada bisa keliling dan membatu Pemda itu sendiri,”jelasnya.
Terkait kota bersih dari pungli di Kabupaten Tanah Laut,sudah barang tentu harus di persiapkan sarana dan pra sarananya.
Pada pertemuan tersebut pula Ketua Pelaksana UPP Satgas Saber Pungli Tanah Laut Kompol Fauzan Arianto,SH,S.IK mengatakan,selama tahun 2019 mengutamakan kearah pencegahan dari seluruh stakeholder leading sektor para Bhabinkamtibmas dan Babinsa yang ada di wilayah Desa.
Selama tahun 2019,sebanyak 30 ribu lebih kegiatan yang dilaksanakan dalam pencegahan dengan mensosialisasikan kepada masyarakat dan area pelayanan publik bersih dari pungutan liar.
UPP Satgas Saber Pungli Tanah Laut sendiri kata Kompol Fauzan Arianto,SH,S.IK,membuka secara seluas luasnya kepada masyarakat yang bisa melaporkan dan call center Saber Pungli Tanah Laut yang sudah di bentuk baik melalui website,media sosial atau laporan pengaduan secara langsung.
“Masyarakat yang melaporkan pungli di jamin kerahasiahannya dan tahun 2019 lalu Saber Pungli Tanah Laut sudah dua kali penindakan yakni laporan di Kecamatan Pelaihari,”tutupnya.
Menutup kunjungan Supervisi dan Koordinasi Tim Satgas Sapu Bersih Pungutan Liar (Saber Pungli) Pusat dan Kementerian Koordinator Bidang Politik,Hukum,dan Keamanan (Kemenko Polhukam) RI,oleh Ketua Pelaksana UPP Satgas Saber Pungli Tanah Laut Kompol Fauzan Arianto,SH,S.IK memberikan plakat Kabupaten Tanah Laut kepada Irjen Pol DR.Drs.Widiyanto Poesoko,M.Si selaku Sekretaris Satgas Saber Pungli. Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook