SERBA-SERBI

Tahukan Anda Mengapa Kode Pelat Kendaraan Kalsel Adalah DA?

INFOTANAHLAUT.COM- Tahukah kalian, mengapa Kode pelat kendaraan untuk Kalimantan Selatan adalah DA, Sementara kode provinsi lain di Kalimantan semuanya berawalan huruf K yang berarti Kalimantan. Seperti KB untuk Kalimantan Barat, KT untuk Kalimantan Timur dan KH untuk Kalimantan Tengah.
Ternyata menurut beberapa sumber, ternyata DA adalah singkatan dari Distrik Amandit.
Pada masa pemerintah Hindia Belanda, pemberian kode plat kendaraan bermotor itu didasarkan pada nama “Kewedanan (wedan/distrik)” daerah tersebut, misalnya kode plat B merupakan singkatan dari Batavia. Nah, untuk DA itu sendiri diambil dari nama “District Amandit ” atau orang Banjar dulu menyebutnya Batang Hamandit, yang merupakan bagian dari wilayah administratif dan negara pada zaman kolonial Hindia Belanda dahulu.Yang ingin tahu lebih jelas apa itu Distrik Amandit, silakan cari digoogle search.
Barulah pada masa Orde baru, setelah Kalimantan dibagi menjadi 4 provinsi (sekarang 5) kode plat kendaraan bermotor pun juga ikut terbagi menjadi 4. Lalu kenapa Kalimantan Selatan tetap menggunakan DA sebagai kode untuk plat kendaraan bermotornya? Ya, mungkin sesepuh kita di Kalimantan Selatan terdahulu ingin agar nanti anak cucunya tahu bahwa pada zaman dahulu Kalimantan Selatan itu merupakan pusatnya dari Pulau Kalimantan.
Sumber: berbagai sumber

0
0%
like
2
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook