KESEHATAN

Tak Ada Anggaran Kesehatan, Lapor Ke Dinkes

INFOTANAHLAUT.COM- Bagi warga di Kabupaten Tanah Laut jika ada permasalahan dengan kesehatan, dan yang tidak memungkinkan atau tidak ada biaya membawa salah satu anggota keluarganya ke Puskesmas atau rumah sakit, maka tinggal melapor saja dan oleh petugas medis yang telah di tunjuk oleh Dinas Kesehatan Tala akan mendatangi rumah tersebut, demikian hal tersebut di utarakan H.Junaidi kepala Dinas Kesehatan Tala, Kamis (21/12).
Junaidi menambahkan, sama halnya jika ada warga yang mengalami gangguan jiwa, maka segera melapor saja ke Dinas Sosial dan biaya di tanggung oleh Pemkab Tanah Laut.
Petugas dari Puskesmas di setiap desa saat ini pun telah di instruksikan dan wajib melakukan patroli di lingkungan desanya masing-masing, untuk mendeteksi atas adanya permasalahan kesehatan warga, salah satu contohnya seperti seorang anak bayi yang belum lengkap pemberian imuniasinya, maka imunisasi bayi harus di lengkapi.
“bagi warga Tanah Laut bisa menggunakan Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) untuk biaya kesehatan, sepanjang warga Tanah Laut yang di buktikan dengan KTP atau KK, dan belum pernah masuk BPJS,” jelas Junaidi.
Kendala sekarang yang sering muncul di masyarakat adalah bagi keluarga pasien saat berada di rumah sakit. Untuk keseharian keluarga pasein, baik makan dan minumnya itu yang kadang masih di keluhkan kenapa tidak di tanggung Dinas Kesehatan. Untuk menjalani keseharian keluarga pasien sejatinya berada pada kewenangan Dinas Sosial, dan Dinas Kesehatan hanya menjaminkan biaya pada kesehatannya, bukan pada keperluan sehari-hari keluarga pasien.
Menurut Junaidi pula, termasuk pengobatan cuci darah pun di jamin Dinas Kesehatan, dan untuk Jamkesda Kabupaten Tanah Laut tidak ada terhutang satu rupiah pun dengan rumah sakit di Kabupaten maupun provinsi. Mau melahirkan tapi tidak ada dana, segera lapor ke Dinas Kesehatan.
Anggaran Jamkesda sendiri sudah di siapkan sebesar Rp 3,1 milliar lebih untuk tahun 2017 dan pada tahun 2018 mendatang.
Jamkseda tidak semuanya di berikan sebagai ongkos kesehatan, ada beberapa item yang tidak masuk dalam Jamkesda seperti kecelakaan, narkoba, estetika (operasi plastik), dan Vertilitas (supaya hamil), kata Junaidi pula.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook