TOKOH

Tak Selalu Perempuan Itu Didapur

INFOTANAHLAUT.COM-Hasil Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak tahun 2019 sebanyak 53 desa, oleh Bupati Tala H.Sukamta Rabu,(19/2) digedung Balairung Tuntung Pandang,ke 52 kades dilantik dan diambil sumpah jabatan.
Dari 52 kades yang dilantik hanya ada 1 calon kades perempuan yakni Siti Hoiriyah dari Desa Suka Ramah Kecamatan Panyipatan.
Sebelum dilantik,Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Tala Gatot Subagio mengatakan,dari tahapan Pilkades serentak tercatat ada sebanyak 101 orang yang ikut tes Computer Asistmen Test (CAT).
Ketua DPRD Tala Muslimin yang menghadiri pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan kades pun memberikan apresiasi kepada kades-kades yang dilantik.
“Demokrasi didesa sudah terlihat dalam Pilkades. Berharap pada Pilkades dinas terkait bisa terus meningkatkan kinerja. Kades merupakan ujung tombak pemerinah ditingkat desa,”kata Muslimin.
Sementara itu Bupati Tala H.Sukamta sebelum melantik para kades mengatakan,Pilkades gelombang 2 hasil pemilihan tahun 2019 sudah berjalan,dan tantangan kedepan kades semakin berat,dari sekaranglah siapkan tenaga.
“Kades bukan pejabat biasa tapi luar biasa yang dipilih dan berhadapan langsung dengan masyarakat,kades harus tahu tentang wilayah dan rakyatnya,”kata Sukamta.
Apa tujuan jadi pembakal,luruskan niat untuk melayani masyarakat Hati-hati kelola dana desa karean kini ada 9 institusi yang mengawasi dana desa,kalau kades ragu-ragu maka sering-seringlah bertanya inspektorat,ucap Sukamta.
Usai diambil sumpah dan jabatannya,Siti Khoiriyah kades perempuan yang kini memimpin Desa Batu Tungku mengatakan,pada Pilkades kemarin calonnya ada empat orang,dan alhamdulillah mendapat kepercayaan dari warga untuk enam tahun kedepan memimpin desa.
“Keluhan warga memang pada pelayanan yang masih belum memuaskan,dan pada jangka pendek nanti berupaya semaksimal mungkin memperbaiki pelayanan. Perempuan itu punya potensi,tidak semua perempuan hanya dirumah atau didapur,tapi dengan menggali potensi dan mengabdikan diri kemasyarakat,”tutup Siti Khoriyah.
Pelantikan dan pengambilan sumpah janji kades juga turut dihadiri Forkopimda,kepala SKPD,seluruh Camat.
Untuk kelancaran dan keamanan prosesi pelantikan kades,aparat gabungan Kodim 1009 Pelaihari dan Polres Tala diturunkan dan dilengkapi satu unit mobil Awared Water Canyon (AWC) milik Polres Tala.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook