SENI & OLAHRAGA

Tala Bakal Kedatangan 500an Atlet

INFOTANAHLAUT.COM-Berawal dari rapat koordinasi (Rakor) Federasi Panjat Tebing Indonesia (FPTI) tahun 2018 lalu di Bengkulu, maka Kabupaten Tanah Laut menjadi tuan rumah pelaksanaan Kejurnas panjat tebing. Kali ini, kejurnas panjat tebing kelompok umur dari 9 sampai 14 tahun, yang akan di gelar dari tanggal 28 Juli sampai 4 Agustus 2019 di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Kijang Mas Permai sebagai lokasi dinding panjat tebing milik FPTI Tala. Di jadwalkan gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor atau biasa di sapa Paman Birin bakal membuka secara resmi kejurnas panjat tebing teesebut.
Kejurnas juga akan di hadiri ketua umum (Ketum) FPTI Pusat Faisol Riza dan ketua FPTI Kalsel Faturahman.
Kepala bidang (Kabid) Olahraga Rudi Imtihansyah pada Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Tala, Selasa (23/7/2019) mengatakan, persiapan kejurnas panjat tebing kelompok umur 9-18 seperti venue 100 persen, persiapan kedatangan peserta, penjemputan, rumah penginapan baik hotel bagi peserta tinggal pilih sudah siap.
“Diprediksi yang datang hampir 300 an orang untuk atlit, official dan manajer dan orang tua atlit, di prediksi 500 an orang, di tambah peserta dari kabupaten lainnya di Kalsel. Di kejurnas ini ada 27 provinsi yang ikut, selain itu lewat kejurnas ini sekaligus seleksi nasional,”jelas Rudi.
Ia menambahkan, pada tanggal 27 Juli sudah dilakukan meeting, pelaksanaan kegiatan sampai 4 Agustus. Peserta terjauh bahkan dari provinsi Papua pun ikut pula.
Kondisi dinding panjat sendiri sudah standar nasional, dan bahkan kalau kejurnas ini berhasil, maka di tawari ke agenda Indonesian Series yang pesertanya dari 27 negara. Serta berkelanjutan yang juara di kejurnas ini di kirim ke ke India dalam event Asian Youth.
Menyambut atlit-atlit panjat tebing ke Tala juga di sisipkan promosi wisata, kerjasama dengan Dinas Pariwisata (Dispar) Tala, maka di siapkan transportasi jika ingin berwisata ke pantai Takisung, juga lewat kejurnas bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat.
Di hadirkan pula pentas seni, kerjasama dengan komumitas seni. Di samping itu juga di siapkan tenda bagi masyarakat untuk berdagang, akan tetapi tendanya terbatas.
Jeda waktu sebelum tanding bisa untuk berwisata, karena pada tanggal 27 Juli di adakan gala dinner (ucapan selamat datang) bersama bupati Tala H.Sukamta, dan di situ di promosikan kembali pariwisata.
Menurut Rudi, kejurnas panjat tebing baru kali pertama di Kalimantan untuk kelompok umur.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook