PEMKAB TALA

Tala Ditunjuk BNPB Bangun 2 Sekolah Nasional

INFOTANAHLAUT.COM- Setelah di tetapkan menjadi kawasan strategis nasional oleh presiden RI Joko Widodo, 1 dari 13 kabupaten di Indonesia lainnya, Kabupaten Tanah Laut yang di dukung faktor geografis dan di nilai sangat cocok, maka oleh Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) telah menunjuk Tala sebagai lokasi untuk di bangunnya sekolah bertarap nasional di bawah naungan BNPB. Dua sekolah berkelas nasional itu yakni Sekolah Laut (SL) dan Politeknik Kebencanaan dengan program pendidikan D4 atau setara S1.
Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tala H.M.Noor, Kamis (8/3) mengatakan, untuk SL memang belum ada acuan, namun berita acara antara BNPB dan BPBD Tala pada 12 Februari 2018 lalu di Bali telah di tanda tangani Mou, dan kini oleh BNPB tengah menyusun rencana kegiatan.
Ia menjelaskan, kenapa jadi Kabupaten Tanah Laut yang di pilih karena Tala punya wilayah laut 3 mil dari pasang air laut dan membujur sepanjang 200 km. Kondisi demikian berpotensi bencana badai ROB dengan meningginya air laut yang sangat memungkinkan, itulah perlunya SL.
Selain SL, Politeknik Kebencanaan yang mungkin barangkali satu-satunya di dunia, karena belum pernah di temukan di negara mana yang membuka sekolah dengan program kebencanaan.
Di katakannya, Kabupaten Tanah Laut termasuk dari 6 titik pergudangan logistik secara nasional, di samping di Politeknik Kebencanaan ada perbengkelan dan peralatan penyelamatan yang di gunakan BNPB.
“lahan untuk Politeknik Kebencanaan berada dalam kawasan Politeknik Negeri Tala di atas lahan seluas 10 hektar di Desa Ambungan Kecamatan Pelaihari, dan lahan merupakan hibah dari Pemkab kepada BNPB. Di jadwalkan pada bulan Maret ini tim BNPB akan menindak lanjuti rencana kerja terkait Politeknik Kebencanaan ini di Kabupaten Tanah Laut,” papar M.Noor yang di awal tahun 2019 ini memasuki masa pensiun.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook