DUNIA USAHA

Tala Layak Pengembangan Bawang Merah

INFOTANAHLAUT.COM-Kabupaten Tanah Laut ternyata sangat layak untuk pengembangan tanaman budi daya bawang merah, dan saat ini oleh Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan pada tahun ini mengembangkan budidaya tanaman bawang merah, terbukti sudah melakukan penanaman di beberapa lokasi oleh kelompok tani.

Penanaman bawang merah jenis Bima Brebes ini dilakukan, lantaran berdasarkan pengalaman petani di Tala, jika beberapa lokasi di Kabupaten Tanah Laut ini sangat cocok menanam budidaya bawang merah.

“setelah di kaji ternyata sangat layakn dan cocok untuk bercocok tanam bawang merah,” jelas kadis tanaman pangan, holtikultura dan perkebunan Tanah Laut Achmad Mustahdi, Kamis (2/3).

Selain itu, bawang merah yang berhasil di produksi memberikan dampak ekonomi cukup tinggi, seiring harga bawang merah di pasaran sering kali mengalami kenaikan, karena, selama ini bawang merah yang ada di pasaran sangat bergantung pada pengriman dari Jawa.

“Apalagi gangguan faktor cuaca dengan tingginya gelombang, maka harga bawang merah cukup tinggi,” jelasnya.

Untuk pengembangan tanaman bawang merah oleh dinas terkait sudah melaksanakan penanaman bawang merah di beberapa lokasi di antaranya Desa Pemuda Kecamatan Pelaihari dan Desa Sumber Makmur Kecamatan Takisung.

“Tahun ini kita persiapkan lahan 25 hektar di beberapa lokasi Kecamatan se Tala,” ungkapnya.

Mustadi juga berharap, kedepan pihaknya akan menargetkan penanaman bawang hingga mencapai 300 hektar, sehingga bawang merah yang di konsumsi warga Tala tidak tergantung dari luar lagi.baz

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook