PERPAJAKAN

Tala Penyumbang Pajak 25 Persen

INFOTANAHLAUT.COM- Kabupaten Tanah Laut merupakan satu daerah yang telah menyumbangkan sektor pajak sebesar 25 persen kepada KPP Pratama Banjarbaru setelah dilakukan perhimpunan, di harapkan dapat lebih di tingkatkan mengingat potensi daerahnya yang juga masih besar pula.
Sejalan dengan itu, KPP Pratama Banjarbaru, Senin (12/2) di gedung Sarantang Saruntung Pelaihari menyelenggarakan aksi panutan penyampaian SPT tahunan orang pribadi tahun pajak 2017 bersama Pemkab Tanah Laut. Kegiatan di buka oleh M.Na’im Amali,SE.Ak,MSi selaku kepala KPP Pratama Banjarbaru dan di hadiri wakil bupati Tala H.Sukamta.
Aksi ini dilakukan untuk terus selalu meningkatkan kesadaran masyarakat pembayar pajak di wilayah kerja KPP Pratama Banjarbaru. Dari data, pada tahun 2017 lalu tingkat kepatuhan penyampaian SPT tahunan wajib pajak di lingkungan KPP Pratama Banjarbaru sebesar 80,07 persen, capaian tersebut meningkat sebesar 19,63 persen dari tahun sebelumnya sebesar 60,44 persen.
M.Na’im Amali mengatakan, untuk mendukung pencapaian target penerimaan pajak KPP Pratama Banjarbaru di tahun 2018 sebesar Rp 1.925.878.987.000.
“penyampaian SPT oleh pejabat di Pemkab Tala di harapkan dapat mendorong masyarakat di Tala untuk taat pajak,” katanya.
Tahun 2018 merupakan tahun pembuktian bagi Dirjen Pajak (DJP) khususnya KPP Pratama Banjarbaru untuk dapat mencapai target yang tumbuh sebesar 7.24 persen dari target tahun lalu. Naiknya target penerimaan pajak tahun ini sebagai imbas dari meningkatknya beban negara untuk memenuhi target penerimaan negara sebesar Rp 1.894,74 trilyun, dimana DJP menyumbang sebesar Rp 1.423,9 trilyun atau 75 persen.
Meningkatnya penerimaan pajak, otomatis dana yang di berikan Pemerintah Pusat ke daerah dalam bentuk DAU,DAK dan DBH akan meningkat pula.
Wakil bupati Tala H.Sukamta yang hadir di kesempatan tersebut kepada sejumlah wartawan mengatakan, pajak-pajak pribadi adalah sebagai bagian partisipasi untuk membangun negeri yang sangat luar biasa ini.
“tidak bisa berharap dari orang lain untuk membangun negeri ini untuk maju, kecuali dari diri kita sendiri dengan cara taat membayar pajak, karena itulah yang di gunakan untuk membangun bangsa dan negeri ini,” kata Sukamta.
Ia menambahkan, upaya yang dilakukan Pemkab Tala dalam menyadarkan warga untuk taat pajak adalah dengan kebijakan-kebijakan, contohnya adalah kepada masyarakat yang akan mendapatkan bantuan hibah, maka di wajibkan memiliki Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP), mau tidak mau mereka akan membayar pajaknya dan sebagai wajib pajak akan terdata dengan baik. Walaupun ini pajak pribadi masuknya ke Pusat dan nanti daerah akan ada pembagiannya sebagai penerimaan asli daerah dari penerimaan bagi hasil pajak dan bukan pajak, jadi semakin tinggi pajak yang di bayarkan, maka semakin tinggi pula yang di kembalikan ke daerah yang bersangkutan, sehingga daerah lebih bisa banyak membangun daerahnya.
Dalam aksi panutan pajak tersebut di hadiri seluruh jajaran eselon II atau kepala SOPD.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook