PEMKAB TALA

Tala Raih Penghargaan KLA

INFOTANAHLAUT.COM-Bersama 6 Kabupaten/kota lainnya di Kalsel, Kabupaten Tanah Laut pun meraih penghargaan dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI berupa Kota Layak Anak (KLA) tahun 2018.
Sekretaris Daerah (Sekda) Tala Drs.Syahrian Nurdin,Minggu malam (22/07/2018) pekan tadi mengatakan,atas adanya undangan nomor B-490/KPP-PA/DEP.IV/TKA.01.02/07/2018 dari Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI khusus untuk wilayah Kalimantan Selatan ada beberapa kabupaten/kota seperti Banjarmasin, Banjarbaru,Kabupaten Banjar,Tabalong, HSS,HSU,juga mendapatkan hal serupa.
Penganugerahan piagam KLA dilakukan di Dyandra Convention Center jalan Basuki Rahmat kota Surabaya Jawa Timur pada Senin malam (23/07/2018) kemarin dan bertepatan dengan peringatan Hari Anak Nasional (HAN) tahun 2018. Penyerahan piagam KLA dari Yohana Susana Yambise Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA) RI di terima langsung oleh wakil bupati Tala H.Sukamta.
Sementara itu kepala Dinas Pengendalian Penduduk,Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Tanah Laut Lutffiaty Uyun menjelaskan tentang KLA. Penghargaan KLA itu ada 31 indikator untuk penilaiannya di antaranya yang ada di Kabupaten Tanah Laut ada 12 item yakni,adanya prosentase perundang-undangan dan kebijakan tentang pemenuhan anak,prosentase anggaran untuk pemenuhan hak anak termasuk anggaran untuk penguatan kelembagaan,Jumah peraturan perundang-undangan kebijakan program dan kegiatan yang mendapat masukan dari program anak dan kelompok lainnya,Jumlah anak yang mendapatkan akte kelahiran angka kematian bayi di bawah rata-rata,Prevalensia kekurangan gizi pada balita di bawah rata-rata, prosentase ASI eklusif,Prosentase imunisasi dasar lengkap,tersedia kawasan bebas rokok,prosentase wajar 12 tahun, Jumlah kasus anak yang berhadapan dengan hukum yang di selesaikan,Jumlah kelompok anak termasuk forum anak di kabupaten dan kecamatan dan Taman bermain ramah anak.
“Itu semua atas kerjasama dari gugus tugas yang meliputi Bappeda,dinas instansi terkait PKK dan Kepolisian serta dunia usaha,dan bagi Tanah Laut mendapatkan penghargaan pada kategori Pratama dengan skor di dapat 541,Kategori lainnya juga ada seperti Nidya ada 11 kabupaten/kota,kategori Madya 50 kabupaten/kota dan Pratama 113 kabupaten/kota,”kata Uyun.
Beragam kategori pada KLA yakni kategori Pratama adalah kategori tingkat pertama, Kemudian kategori Madya yang merupakan kategori tingkat kedua,kategori Nindya merupakan tingkat tiga dan yang paling utama yakni Tingkat Tertinggi.
Kabupaten Tabalong,HSU dan kota Banjarmasin mendapatkan tingkat Madya. Kemudian Kabupaten Tanah Laut,HSS,Kabupaten Banjar,dan kota Banjarbaru mendapat tingkat Pratama.
Penerimaan anugerah KLA turut di hadiri Hj.Nurul Hikmah Sukamta,Sekretaris Daerah Drs.Syahrian Nurdin,Bappeda Tala Bappeda yang di wakili kabid Sosial Budaya Rika Amalia,kepala Lutffiaty Uyun kepala P2KBP3A Tanah Laut,kabid Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Nelly Ariany,SH.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook