PUBLIK

Tala Satu-Satunya Dipulau Kalimantan Yang Dapat Penghargaan

INFOTANAHLAUT.COM-Kabupaten Tanah Laut kembali menorehkan tinta emas di tingkat nasional,kali ini penghargaan dari Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian RI Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan karena prestasi dari Pemkab Tala yang telah berhasil dalam penyaluran Kredit Usaha Rakyat (KUR) dan penjamin KUR tahun 2019.
Kabupaten Tanah Laut bahkan satu-satunya di pulau Kalimantan yang menerima penghargaan tersebut.
Bahkan undangan untuk menghadiri penghargaan KUR dari Kementerian yang telah di tanda tangani oleh Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Iskandar Simorangkir telah di terima Pemkab Tala.
Penghargaan sendiri akan di serahkan pada Kamis (19/12) di Graha Sawala Kemenko Perekonomian,Gedung Ali Wardana lantai 1 Jalan Lapangan Banteng Timur nomor 2-4, Jakarta Pusat.
Penghargaan di berikan juga kepada Kanwil Ditjen Perbendaharaan di sejumlah povinsi,sementara bagi Kabupaten Tanah Laut masuk 4 besar sebagai kabupaten/kota luar pulau Jawa yang menerima penghargaan.
Kabupaten/kota lainnya luar pulau Jawa yang menerima penghargaan yakni Bupati Sidenreng Rappang provinsi Sulsel,Bupati Sinjai provinsi Sulsel,Bupati Bantaeng provinsi Sulsel,Bupati Tanah Laut provinsi Kalsel,Bupati Bangli provinsi Bali dan bupati Lombok provinsi NTB.
Sejalan dengan itu,Pemkab Tala pun menggelar rapat terkait penghargaan yang akan di dapat.
Selasa,(17/12) di aula Barakat lantai 2 Setda Tala Asisten 2 bidang Ekobang dan Kesra Akhmad Hairin memimpin jalannya rapat koordinasi bersama pihak Perbankan selaku penyalur KUR.
Agenda dalam rapat sendiri sehubungan akan berakhirnya periode Triwulan IV dan tahun anggaran 2019 untuk melakukan evaluasi kegiatan Tim Monev KUR.
Hairin mengatakan,penyaluran KUR di evaluasi,dan ada 4 bank penyalur KUR yakni Bank BRI, Mandiri,BNI dan Bank Kalsel. Semua terealisasi 100 persen bahkan lebih,dan tahun depan kuotanya di naikan.
“Untuk kendala tidak ada,termasuk kredit macet juga hampir tidak ada,”katanya.
Dari data penyaluran KUR, telah tersalur sebesar Rp 206 milyar rupiah lebih,dan dengan jumlah debitur 7.757,dengan baragam sektor.
Baik perkebunan, pertanian, kehutanan, perikanan,industri pengolahan,perdagangan besar dan eceran, penyediaan akomodasi dan penyediaan makan dan minum, transportasi,pergudangan,komunikasi,real estate,usaha persewaan dan jasa perusahaan,jasa kemasyarakatan,sosial,budaya,hiburan dan perorangan lainnya.
Sementara itu,kepala Bagian Ekonomi Setda Tala M Yuseran mengatakan,rakor yang dilaksanakan ini untuk memantapkan dan mengevaluasi pelaksanaan KUR di Tala,terlebih pihak Pemkab Tala sangat mendukung program nasional ini bagi peningkatan ekonomi masyarakat.
Dan juga pihaknya mengapresiasi penyaluran KUR di Tala berjalan sangat baik dan terbukti ada 7757 orang sudah terlayani program ini dengan jumlah total Rp260,167 milyar.
“Ini sangat signifikan sekali penyaluran KUR,terlebih dana KUR untuk kabupaten lain juga terserap di Tala,”jelasnya.
Tidak hanya evaluasi,pihaknya juga menyampaikan data Sistem Informasi Kredit Program kepada pihak Perbankan,dan dari data yang dikumpulkan ada 16.330 orang untuk dapat menerima program KUR,terlebih bunga program ini mengalami penurun sebesar 6 persen dari angka 7 persen.Tung

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook