PERPAJAKAN PUBLIK

Talk Show Radio “Layanan Perpajakan Pada Tempat Pelayanan Terpadu KP2KP Pelaihari”

INFOTANAHLAUT.COM-Kegiatan Talk Show Kantor Pelayanan Penyuluhan dan Konsultasi Perpajakan (KP2KP) Pelaihari bersama Radio Tuntung Pandang 102.3 FM kali ini mengudara selama 30 menit dari pukul 09:15-09:45 WITA. Talk Show radio kali ini mengambil tema “Layanan Perpajakan Pada Tempat Pelayanan Terpadu (TPT) KP2KP Pelaihari” menghadirkan tiga narasumber dari KP2KP Pelaihari yaitu Erwin Yulianto, Khoirun Niam dan Khoiril Basyar. Acara yang dipandu oleh penyiar kawakan Mang Imul, diawali oleh paparan singkat dari salah satu narasumber yakni Erwin Yulianto.

Erwin (Sapaan akrabnya) menjelaskan bahwa secara umum, tugas dari TPT adalah menerima dokumen yang disampaikan oleh Wajib Pajak atau masyarakat dalam rangka pengajuan permohonan layanan dibidang perpajakan ataupun yang terkait dengan pemenuhan kewajiban perpajakan. Namun perlu diingat bahwa TPT di KP2KP Pelaihari tidak dapat menerima semua jenis permohonan karena keterbatasan kewenangan, oleh karena itu masih ada beberapa permohonan yang tetap harus diajukan ke KPP Pratama Banjarbaru.

Permohonan yang dapat diajukan di TPT KP2KP Pelaihari antara lain, Permohonan Pendaftaran Nomor Pokok Wajib Pajak (NPWP) Orang Pribadi atau Badan, Cetak Ulang kartu NPWP atau Surat Keterangan Terdaftar (SKT), permohonan Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak (PKP), permohonan Pemindahbukuan serta Permohonan Efektif dan Non Efektif. Adapun permohonan atau layanan yang tidak dapat diterima di KP2KP Pelaihari yaitu Layanan Penyampaian Surat Pemberitahuan (SPT) Pembetulan, Layanan SPT Lebih Bayar, Layanan Validasi Surat Setoran Pajak (SSP) Pajak Penghasilan (PPh) Pengalihan Hak Atas Tanah dan Bangunan serta Permohonan Surat Keterangan Bebas.

KP2KP Pelaihari juga melayani konsultasi perpajakan kepada Wajib Pajak atau masyarakat, namun konsultasi yang diberikan juga masih terbatas pada hal hal yang bersifat umum. Hal ini dikarenakan ada beberapa sebab, misalnya Wajib Pajak ingin berkonsultasi langsung dengan penganggung jawab atau Account Representative atau Wajib Pajak ingin berkonsultasi terkait surat tagihan pajak kepada Juru Sita atau bisa juga karena Wajib Pajak sedang dilakukan pemeriksaan oleh Pemeriksa Pajak dari KPP Pratama Banjarbaru.

Acara Talk Show Radio ini merupakan acara rutin KP2KP Pelaihari di Radio Tuntung Pandang 102.3 FM setiap hari selasa minggu kedua setiap bulan yang bertujuan sebagai sarana edukasi kepada Wajib Pajak. Selain itu juga agar masyarakat lebih mengenal pajak secara menyeluruh melalui berbagai media. Masyarakat juga dapat mengajukan pertanyaan, kritik dan saran yang bersifat membangun melalui akun Facebook, Twitter, dan Instagram milik KP2KP Pelaihari.

Sumber: KP2KP Pelaihari

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook