KRIMINALITAS

Tamat Sudah Aksi Jaini Dan Raniansyah

INFOTANAHLAUT.COM-Tamat sudah aksi M.Jaini alias Anang Palit dan Raniansyah alias Acut dua orang pelaku warga Desa Banyu Irang Kecamatan Bati-Bati dan warga Danau Waringin Desa Pemuda Kecamatan Pelaihari sebagai spesialis pencuri ternak sapi ini, maka kala TKP pencuriannya ada di 11 tempat,namun naas saat di TKP terakhir tepatnya di perkebunan kelapa sawit PTPN 13,aksinya di ketahui warga hingga amarah warga pun memuncak dengan membakar 1 unit mobil pick up sebagai sarana angkutan ternak sapi,sementera pick up pun pelaku menyewanya.
Kejadiannya cukup lama yakni pada tanggal 17 Desember 2019 lalu sekitar pukul 20.30 wita.
Awalnya,Suraji warga Desa Pemuda korban tengah berada di rumah dan mendengar teriakan sapi di dalam kandang belakang rumah. Ia lantas mengecek dan ternyata tali pengikat sapi terlepas dari kandang dan berada di ujung kandang. Lantas sapi ia masukan kembali kekandang. Tetapi tak lama kemudian kembali terdengar teriakan sapi,dan di cek kembali namun sapi sudah tidak ada di dalam kandang dan posisi pintu kandang pun sudah terbuka.
Suraji lantas melakukan pengecekan di luar kandang.
Terlihat jejak kaki sapi menuju belakang rumah dan dilakukan penelusuran hingga sampai ke perkebunan kelapa sawit milik PTPN 13. Korban juga menghubungi Miskali selaku ketua Rt setempat,dan saling berpencar untuk mencari sapi. Usaha pencarian berhasil,manakala Miskali memberitahukan ke korban kalau sapinya berada di jalan simpang PTPN 13,dan korban pun menuju lokasi di maksud.
Bersama warga lainnya,korban pun menuju lokasi jalan simpang PTPN,namun pelaku yang juga berperan sebagai sopir melarikan diri. Amarah warga pun memuncak,sapi di turunkan dari mobil pick up dan mobil pun di bakar massa.
Polisi yang mendengar kabar ada aksi pembakaran mobil pun turun ke lokasi melakukan penyelidikan.
Kapolres Tala AKBP Cuncun Kurniadi,Rabu (8/1) dalam keterangan persnya bersama Wakapolres Tala Kompol Fauzan Arianto dan perwira lainnya di Mapolres Tala mengatakan,setelah dilakukan penyelikan oleh Satreskrim,mobil pick up di sewa dari Ahmad Razali warga Desa Banyu Irang Kecamatan Bati-Bati,dan hal itu diakui oleh Razali tengah di sewa pelaku M.Jaini.
Kapolres menambahkan,pelaku M.Jaini dapat di tangkap pada tangga 3 Januari 2020 lalu sekitar pukul 22.00 wita di rumahnya,dan pada tanggal 5 Januari 2020 pelaku Raniansyah juga dapat di tangkap di rumahnya sekitar pukul 01.00 wita.
Barang bukti yang di amankan 1 ekor sapi betina warna putih kecoklatan jenis Kisar dalam keadaan hamil 8 bulan yang sementara di titipkan kepada korban,kemudian 1 mobil pick up DA 9173 LG warna biru dalam keadaan rusak bekas terbakar dan 1 lembar STNK.
Kepada awak media,Jaini mengaku melakukan aksinya sudah di 11 tempat di daerah Desa Pemuda dan sapi-sapi sebelumnya yang di curi di jual kendaerah Pengaron Kabupaten Banjar.
Kapolres Tala menghimbau kepada warga pemilik ternak sapi untuk selalu memperkuat pengamanan di kandang sapi,dan mengaktifkan Siskamling di wilayah masing-masing,serta melakukan pengawasan jika sapi di lepas di luar kandang.
Kedua pelaku di jerat pasal 363 ayat (2) KUHP dengan ancaman 9 tahun penjara.Tung

4
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook