PUBLIK

Tambah Daya Tak Terpasang Belasan Juta Sudah Setor

INFOTANAHLAUT.COM-Sukarno warga Jalan Pintu Air Rt 24 Kelurahan Pelaihari yang sudah terlanjur membayar sebesar Rp 13.200.000 dengan maksud menambah daya listrik pada usahanya tempat pembuatan atau penggilingan pentol bakso, hingga kini realisasi dari PLN belum nampak. Pembayaran itu ia lakukan sejak bulan Januari 2019 lalu, dan fatalnya ada yang mengaku dari pihak PLN jika ingin daya listrik terpasang maka cukup membayar sebesar Rp 10 juta.
Daya listrik di rumah yang sekaligus tempat usaha Sukarno awalnya sebesar 900 watt, dan akan ia tambahkan menjadi 1.300 watt pasalnya ia pun menambah peralatan yang memang membutuhkan listik dengan watt besar. Sebelum berniat melakukan tambah daya. Sementara ini Sukarno pun terpaksa menggunakan motor penggerak diesel berbahan solar.
Kebingungan pun melanda Sukarno karena sampai sekarang PLN belum memasangkan tambah daya menjadi 1.300 wat, sementara uang sebesar Rp 13 juta sudah ia bayarkan.
Kepada awak media, Sukarno Jum’at (12/4/2019) menuturkan, niat mau tambah daya otomatis ke PLN urusannya, semula 1 pas menjadi 3 pas dengan daya 13.200 watt waktu itu bulan Desember 2018. Melakukan pembayaran pun secara online sebesar Rp 13.200.000 juta rupiah, namun sampai sekarang tidak ada respon dari PLN.
“Memang ada surat dari PLN dengan alasan menunggu material, akan tetapi selain itu ada yang menawarkan segera pemasangan tambah daya yang menyebutkan kalau di luar prosedur PLN kisaran Rp 10 juta maka paling lama 1 minggu sudah terpasang. Lantas muncul dalam pikiran berarti materialnya itu ada dan yang menawarkan dari pihak kontraktor, itu waktu sebelum surat dari PLN di terima,”ungkapnya.
Ia berharap, tambah daya lekas di realisasikan apalagi sudah membayar belasan juta rupiah, kalau bisa sebelum masuk bulan puasa, sementara untuk melengkapi alat penggilingnya sudah ada yang di beli seharga Rp 15 juta rupiah. Menggunakan motor penggerak diesel mungkin resikonya akan terjadi kerusakan, jauh lebih baik menggunakan listrik tanpa harus memikirkan beli solarnya lagi.
Menyikapi keluhan Sukarno, Manajer PLN Ranting Pelaihari Hartoni di konfirmasi mengatakan, persoalan Sukarno untuk menambah daya memang secara tehnis perlu perluasan jaringan dan itu pun di usulkan ke area PLN Banjarmasin dan sekarng juga masih menunggu jawaban dari sana apakah bisa, karena biasanya di kontrakkan kembali untuk melaksanakan perluasan jaringan dimaksud.
“Tidak ada kendala, jika kontrak jadi maka langsung di kerjakan. Terkait setoran yang bersangkutan secara online memang itu resmi dari PLN, pendek kata uang itu tidak kemana-mana, dan adanya tawaran Rp 10 juta kalau bisa yang bersangkutan datang menanyakan ke PLN, dan perlu kehati-hatian jika ada yang menawarkan pemasangan cepat,”ungkap Hartoni.
Masyarakat pun di himbau untuk konsultasi atau bertanya-tanya ke PLN jika ada sesorang yang mengatas namakan PLN menawarkan pemasangan cepat seperti tambah daya atau tambah baru dengan membayar sekian juta rupiah.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
1
33%
sad
2
66%
angry

Komentar Facebook