PUBLIK

Tanam Pohon Ulin Untuk Anak Cucu

INFOTANAHLAUT.COM-Pemerintah Kabupaten Tanah Laut bersama dengan PT. Arutmin Indonesia (AI) Site Kintap dan PT. Pamapersada Nusantara melakukan berbagai kerjasama dalam berbagai bidang, salah satunya adalah di bidang pengembangan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan Industri Kecil Menengah.
Sejalan itu, bupati Tala H. Sukamta pun secara langsung meninjau galeri UKM Tiga Srikandi hasil binaan PT. Pamapersada dan PT. AI Site Kintap di Desa Sungai Cuka, Kecamatan Kintap, Jumat (9/8) pekan tadi.
Di dampingi Kepala Teknik Tambang (KTT) PT. AI Site Kintap Cipto Prayitno dan perwakilan dari PT. Pama, Sukamta yang meninjau secara langsung Galeri UKM Tiga Srikandi, di Galeri tersebut pun di tampilkan berbagai hasil olahan dari UKM Tiga Srikandi, di antaranya Rimpi pisang, Amplang dari ikan Patin berbagai olahan kerupuk dan aneka produk lainnya. Di Galeri UKM Tiga Srikandi juga terdapat cafe dan mini resto yang menyediakan berbagai olahan makanan dan minuman.
Usai mengunjungi Galeri UKM Tiga Srikandi, Sukamta pun melanjutkan kunjungannya ke Galeri Kerajinan Kayu Ulin di Desa Sumber Jaya Kecamatan Kintap. Sukamta pun di minta langsung oleh para pengrajin untuk duduk langsung di kursi olahan kayu ulin tersebut, di galeri kerjainan kayu ulin tersebut juga di tampilkan berbagai olahan unik dari kayu ulin.
Usai meninjau galeri tersebut Sukamta bersama pimpinan PT. AI Site Kintap dan PT. Pamapersada Nusantara melakukan penanaman pohon ulin sebagai upaya konservasi terhadap pohon yang memiliki julukan pohon besi tersebut.
Sukamta sangat mengapresiasi upaya dari perusahaan yang ada di Kecamatan Kintap dalam membina dan memberikan dukungan penuh terhadap pengembangan UKM dan IKM di Kecamatan Kintap.
“Sangat kita apresiasi karena program seperti ini sangatlah memberdayakan masyarakat dan membuat masyarakat lokal dapat mengembangkan hasil produknya sehingga dapat di pasarkan dengan baik,”kata Sukamta.
Sukamta juga menambahkan, setiap orang memiliki naluri bisnis masing-masing yang akan muncul dan di perlukan sarana pendukungnya. Program dari PT. Arutmin dan PT. Pama ini adalah salah satu sarana pendukung pengembangan bisnis bagi masyarakat, saat ini Pemkab Tala fokus mendorong pengembangan UKM dan IKM yang ada, kemarin sudah ada Sasirangan khas Tala hasil olahan IKM yang sudah laku terjual di Malaysia, dan ingin produk lain juga menyusul seperti itu.
Selain itu, Sukamta juga menekankan titik berat dari pembangunan di Tala adalah pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM), jika SDM sudah matang maka daerah juga akan maju, tutupnya.(Mul)

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook