PUBLIK

Tanggul Sungai Jebol Belasan Rumah Warga Rusak

INFOTANAHLAUT.COM- Tingginya insentitas hujan yang melanda Kecamatan Kintap pada beberapa hari lalu membawa dampak kerusakan seperti jebolnya tanggul di sebuah sungai yang ada di Desa Kintap Kecamatan Kintap. Minggu (18/6) akibat banyaknya debit air sungai lantaran hujan, sekitar pukul 09.00 wita tanggul sungai tersebut jebol, al hasil sejumlah belasan rumah warga mengalmi hancur dan terhanyut oleh arus air yang kuat.

Informasi di himpun menyebutkan, Sungai Kintap di Desa Kintap meluap airnya akibat curah hujan yang cukup tinggi, sehingga daya tamping tanggul tidak mampu menahan debit air yang banyak tersebut, akibatnya mengalami jebol.

Melimpahnya air bah dari jebolnya tanggul Sungai Kintap ini, ada 8 buah rumah yang mengalami rusak total dan terhanyut, sementara ada 9 rumah yang mengalami kerusakan ringan.

Total keseluruhan dari data yang di terima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tanah Laut menyebutkan ada sebanyak 17 buah rumah yang menjadi korban luapan air Sungai Kintap.

Ke-17 rumah atau kepala keluarga tersebut yakni Mada (5 orang), Juhdi (5 orang), Mirna (4 orang), Ufik (6 orang), Muin (4 orang), Idris (3 0rang), Wanah (2 orang), Amit (3 orang), Idi (3 orang), Ijul dan Dani (3 orang), Nani (1 orang), Jamilah (3 orang), Hariani (9 orang), Sani (3 orang), Halidi (3 orang), serta Rudi (4 orang).

Tim BPBD Tanah Laut kini melakukan upaya pencarian bersama warga setempat, untuk memastikan tidak ada lagi korban yang terhanyut oleh arus air sungai yang tanggulnya jebol.

Anggota BPBD Tala Hermiadi saat di hubungi mengatakan, upaya lain yang dilakukan BPBD melakukan evakuasi warga serta mendirikan tenda pengungsi, di samping itu pengiriman bantuan logistik, melakukan proses pendataan dan lainnya yang di rasa sangat di perlukan, terangnya.baz

 

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook