PEMERINTAHAN

Target Tercapai, Pangdam Tutup TMMD

INFOTANAHLAUT.COM- Selama 1 bulan berjalan sejak tanggal 4 Juli 2017 lalu, program Manunggal Tentara Membangun Desa (TMMD) yang ke 99 di Desa Sambangan Kecamatan Bati-Bati, Rabu (2/8) oleh Panglima Kodam VI Mulawarman Mayjen TNI Sonhadji S.I secara resmi menutup kegiatan TMMD melalui apel yang di ikuti segenap elemen, termasuk siswa pelajar SD di halaman SDN setempat.
Pasca penutupan TMMD tersebut terjadi penandatangan dan penyerahan naskah hasil TMMD oleh Pangdam VI Mulawarman kepada Pemkab Tanah Laut yang dalam hal ini di terima oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Tala Drs.Syahrian Nurdin.
Usai apel penutupan TMMD, Pangdam bersama Danrem 101 Antasari Kolonel Arm Mochhamad Syafei Kasno,SH beserja jajarannya termasuk Sekda Tala dan Dandim 1009 Pelaihari Letkol Infanteri Joseph DD Surbakti,SE melakukan peninjauan ke jalan alternatif hasil dari giat TMMD sepanjang 2,6 km dengan menggunakan sepeda motor.
Debunya kondisi jalanan yang sudah dalam tahap pengerasan tersebut, tidak membuat Pangdam mundur, hingga sampai keposisi ujung pengerjaan jalan.
Pangdam salut dengan hasil kerja yang telah di capai Satgas TNI AD bersama unsur lain dan masyarakat yang telah mampu merubah kondisi jalan yang layak dari sebelumnya.
Dalam keterangan persnya di sela-sela peninjauan jalan tersebut Pangdam mengatakan, TMMD memang secara serentak se Indonesia dilakukan yang mempunyai sasaran fisik maupun non fisik.
“Semua sasaran fisik sudah selesai 100 persen, termasuk jalan alternatif desa ini berikut dengan siring jalannya, bahkan dari Satgas TMMD berupaya untuk over prestasi dengan kembali menambah jalan dari yang sudah di kerjakan dan yang tidak masuk dalam program TMMD, tapi masuk dala program Satgas TNI AD sepanjang 2000 meter,” kata Pangdam.
Ia menambahkan, mudahan di tahun berikutnya dapat di anggarkan oleh Pemkab Tanah Laut dalam bentuk karya bakti atau kegiatan lain berikutnya. TMMD merupakan akselerasi dari program pembanguna daerah, dan selanjutnya berharap Pemkab meningkatkannya agar infrastruktur dapat lebih bagus.
Pangdam berpesan, kalau kekuatan jalan kelas 3, seumpama jalan hanya mampu menahan beban 10 ton, tapi yang ewat 20 ton, otomatis cepat amblas, sehingga jalan dapat di manfaatkan dalam waktu yang lama dan rawatlah jalan yang sudah di buat itu.
Diluar program lain demikian Pangdam menjelaskan pula, adanya kerjasama dengan Kementerian Pertanian yang di kenal dengan program ketahanan pangan yang di awali dengan pencetakan sawah, penanaman, peningkatan tanam, sampai dengan pasca panennya, maka saat ini Kodam VI Mulawarman mendapatkan cetak sawah 3000 hektar, jajaran Korem 101 Antasari 1500 hektar yang sekarang sedang proses pengerjaan, dan semoga akhir tahun bisa selesai di kerjakan.
Tak cukup hanya meninjau kondisi jalan, Pangdam melihat pula rumah Samrah (60) yang di bedah rumahnya melalui program TMMD.
Tiap sudut ruangan rumah yang telah tampik cantik dan berwarna hijau itu tak luput dari pengamatan Pangdam.
Namun untuk proses dialog dengan Samrah Pangdam agak kesulitan, karena Samrah mengalami gangguang pada pendengarannya sehingga harus di pandu dengan kerabat atau tetangganya.
Namun demikian, Pangdam cukup puas dengan kinerja yang telah di lakukan oleh Satgas TMMD.
Melengkapi kunjungan Pangdam yang bersifat pengerjaan fisik, Pangdam VI Mulawarman meninjau rehab ringan Taman Pendidikan Al Qur’an. Di sini Pangdam meminta untuk di sempurnakan kembali pada bagian lantai ruangan agar di pasang keramik.
Mengakhiri penutupan TMMD ke 99, Pangdam mengamati mesjid setempat yang menjadi kebanggaan warga karena ikut dalam program rehab, termasuk pembuatan MCK mesjid yang sudah rampung.
Terpisah, Dandim 1009 Pelaihari Letkol Inf Joseph DD Surbakti,SE mengatakan, alhamdulilah semua pekerjaan sesuai target, dan menyangkut adanya over prestasi jalan yang tersisa 2000 meter itu kedepannya akan di bahas bersama pihak Pemkab Tanah Laut.
Hal senada di utarakan Sekda Tala Drs.Syahrian Nurdin, bahwa hasil dari TMMD ini apakah itu menyangkut finishingnya akan di bahas bersama dengan TNI.
“tinggal bagaimana pola yang dilakukan untuk program lain di luar TMMD yang ada di Desa Sambangan ini menyangkut pengerjaan fisik,” ungkapnya.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook