KULINER

Tidak Hanya Kiram Tala Pun Adakan Kontes Durian

INFOTANAHLAUT.COM- Tidak semata hanya Desa Kiram di Kabupaten Banjar yang melaksanakan kontes durian, di Kabupaten Tanah Laut tepatnya di Desa Tungkaran Kecamatan Pelaihari pun mengadakan kontes durian.
Saat ini buah durian tengah membanjiri kota Pelaihari, sejak pagi hari para pedagang durian pun sudah membuka lapak-lapak duriannya di pinggir jalan. Seperti halnya di Jalan A.Yani daerah Angsau para pedagang durian sudah ada sejak pagi hingga sampai malam hari. Harga pun bervariatif, mulai dari Rp 50.000 dapat 6 biji sampai harga Rp 100.000 dapat 10 biji durian.
Kontes durian di prakarsai oleh Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perkebunan (Distanhorbun) Tala. Persiapan kontes durian tingkat Kabupaten Tala yang di gelar hari Jum’at besok (11/1/2019) di Desa Tungkaran yang berbarengan dengan kegiatan Manunggal Tuntung Pandang, demikian hal ini disampaikan Mustahdi Kepala Distanhorbun, Kamis (10/1/2019).
“Persiapan sudah maksimal, mudahan acara bisa berjalan lancar,”Kata Mustahdi.
Ia menambahkan, kontes durian yang dilakukan merupakan kali pertama di gelar, seiring pula dengan pihak instansi terkait tingkat Provinsi Kalsel yang menggelar kontes durian. Dan pelaksanaan setiap tahunnya di Desa Kiram Kabupaten Banjar. Bagi pemenang kontes ini akan di ikut sertakan tingkat Provinsi. Tidak itu saja, buah durian yang di nyatakan pemenang, sampai kepada pohon duriannya dilakukan pembudidayaan untuk di promosikan sebagai varietas unggul, sehingga Kabupaten Tanah Laut memiliki varietas unggul durian.
Para dewan juri pada kontes durian berasal dari Balai Peneletian dan Pembibitan Provinsi Kalsel, dan yang di nilai adalah ketebalan, rasa dan juga bentuk, serta yang lainnya.Tung

2
66%
like
1
33%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook

Tentang Penulis/Jurnalis

Tim Jurnalis

Tim Jurnalis

Kami akan selalu berusaha memberikan informasi yang aktual dan terpercaya kepada pembaca setia infotanahlaut.com. Semoga media ini bisa menjadi media penambah khasanah informasi khususnya dari Kabupaten Tanah Laut.