KODIM 1009 TALA

Tiga Instansi Sampaikan Penyuluhan Di TMMD

INFOTANAHLAUT.COM-Kegiatatan non fisik pada di TNI Manunggal Membanagun Desa (TMMD) ke 104 di Desa Martadah Baru Kecamatan Tambang Ulang, Kamis (28/2/2019) kemarin berupa penyuluhan tentang Usaha Kecil Menengah oleh Fery Kusmana SP, MP dari Dinas Koprasi, UKM dan Perdagangan Tala.
Materi penyuluhan juga mengenai Kredit Usaha Rakyat (KUR) oleh Sudebyo dari BRI Unit Bati-Bati, dan penyuluhan tentang Program Sertifikasi Lintas Sektoral (PSLS) oleh M. Matori S. Sos dari Badan Pertahanan Nasional (BPN) Pelaihari.
Pada penyuluhan UKM dari Dinas Koperasi,UKM dan Perdagangan di sampaikan bahwa pentingnya giat UKM untuk di kembangkan oleh masyarakat di lingkungan masing-masing. Pengembangan usaha oleh masyarakat sebaiknya di kemas dengan baik dan di beri label, sehingga dalam pemasarannya memudahkan masyarakat. UKM yang di kembangkan oleh masyarakat juga sebaiknya mempunyai legalitas dasar hukum yaitu izin usaha.
Sementara pada penyampaian meteri KUR dari BRI di sajikan bagi masyarakat yang mempunyai giat UKM juga sejalan dengan memanfaatkan KUR sebagai modal usaha.
Program KUR bertujuaan untuk memberikan Dana Pinjaman dengan bunga sangat rendah, karena bunga mendapat subsidi dari Pemerintah dengan batasan pinjaman dari Rp 1 juta rupiah sampai Rp 25 juta rupiah. Semua tentu ada syaratnya yakni dengan KTP, Kartu keluarga (KK), surat keterangan usaha dari desa setempat.
Di jelaskan pula, bagi peminjam tidak di lindungi asuransi seperti pinjaman lainnya. Peminjaman hanya terbatas sampai 3 kali peminjaman.
Kemudian penyuluhan tentang PSLS, bagi masyarakat yang memiliki UKM di atas tanah dan beralamat di desa setempat agar memanfaat program PSLS.
Terhadap 3 penyuluhan dari 3 Instansi tersebut di jadikan satu acara karena satu sama lain saling keterkaitan.(Mul)

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook