POLITIK

Tim Paslon 2 Terima Utuh Hasil Pleno KPU

INFOTANAHLAUT.COM-Pengamanan ekstra dari Polres Tanah Laut yang di back up Brimob Polda Kalsel plus di lengkapi persenjataan begitu jelas terlihat berada di luar gedung Sinar Hotel, Rabu (4/07/2018) pasalnya pada saat itu tengah di gelar rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat kabupaten untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Tanah Laut tahun 2018, dan rapat di pimpin langsung oleh ketua KPU Tala Arif Mukhyar bersama 2 komisioner KPU lainnya.
Jalan KH.Mansyur sebagai lokasi rekapitullasi perolehan suara pada Pilkada yang telah berlalu pun steril dari arus lalu lintas selama beberapa jam.
Masing-masing Petugas Pemilih Kecamatan (PPK) di 11 kecamatan memberikan laporan terhadap perolehan suara paslon nomor 1 atas nama H.Sukamta dan Abdi Rahman serta paslon 2 atas nama Bambang Alamsyah dan Ahmad Nizar.
Sebanyak 11 kotak suara yang masih tersegel oleh KPU pun di letakan di bagian depan forum rapat untuk selanjutnya masing-masing PPK membuka dan memperlihatkan rekap hasil hitungan di tingkat kecamatan kepada saksi dari kedua paslon.
Tim paslon nomor 1 di hadiri ketua saksi tingkat kabupaten Ihkwan Khariri, sementara untuk tim paslon nomor 2 di hadiri ketua timnya Ustaz Zainal Abidin. Dari hasil rekapitulasi tingkat kabupaten ini tercatat untuk paslon nomor urut 1 meraih suara sebanyak 107.899, sementara paslon nomor urut 2 mendapat suara sebanyak 65.220. Total suara sebanyak 173.191 dengan rincian jumah suara sah sebanyak 173.119 dan suara tidak sah sebanyak 4.072.
KPU juga memberikan tenggang waktu selama 3 hari setelah penetapan perolehan suara jika ada sanggahan atau harus membawa ke Mahkamah Konstitusi (MK).
Usai di tetapkan perolehan suara,KPU,Panwaslu Kabupaten Tanah Laut menandatangani berita acara rekapitulasi perhitungan tingkat kabupaten tersebut.
Atas hasil rekapitulasi suara tersebut, ketua tim paslon 2 Ustaz Zainal Abidin menerima hasilnya secara utuh.
Ustaz Zainal Abidin mengatakan, atas hasil rekapitulasi ini sangat menerima karena ini sudah merupakan kemenangan masyarakat Tanah Laut.
“waktu yang di berikan 3 hari itu tidak kami gunakan, dan pada prinsipnya menerima semua hasil rekapitulasi, dan berharap kepada paslon terpilih semoga bisa menjalankan program-program yang sudah di sampaikan saat kampanye, dan kami juga mendukung,”ungkap Ustaz Zainal.
Sementara itu ketua saksi tingkat kabupaten paslon 1 Ihkwan Khariri mengutarakan, bahwa hasilnya dapat di terima karena sesuai dengan rekap suara yang di punya tim, dan tidak ada sanggahan apapun.
Lebih lanjut Ihkwan yang juga ketua DPD Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Tanah Laut ini menambahkan, selanjutnya mengawal program paslon terpilih karena di tim tengah mempersiapkan tim masa transisi untuk menyesuaikan dengan program paslon 1 hingga sampai masa akhir jabatan.
“saatnya kini bersatu, tidak terbelah-belah oleh 1 atau 2, saatnya membangun Kabupaten Tanah Laut lebih baik lagi,”kata Ihkwan.
Proses Pilkada di Kabupaten Tanah Laut untuk masa bakti 2018 sampai 2023 telah berjalan aman, lancar serta terkendali, namun masih menyisakan persoalan yang menyangkut adanya Daftar Pemilih Tetap (DPT) ganda yang di temukan oleh Panwaslu Kabupaten Tanah Laut.
Ketua Panwaslu Kabupaten Tanah Laut Marsudi usai rapat pleno rekapitulasi tersebut mengatakan, menyangkut DPT ganda yang di temukan dan di laporkan paslon nomor 1 itu terbukti, DPT sendiri selanjutnya akan menjadi acuan untuk pelaksanaan Pileg dan Pilpres 2019, oleh karena itu Panwaslu akan merekomendasikan ke KPU untuk memperbaiki DPT yang ganda tersebut yang jumlahnya berkisar 900-an lebih.
“DPT ganda itu bisa orangnya tidak bisa di temui, dalam artian sudah pindah, dan ada yang meninggal dan ada pula satu orang dua data, akan tetapi tidak ada di temukan orang yang mencoblos dua kali saat Pilkada kemarin karena pengawasan ketat di setiap TPS 1 pengawas,”terang Marsudi.
Pada rapat pleno rekapitulasi hasil perhitungan suara tingkat kabupaten untuk pemilihan bupati dan wakil bupati Tanah Laut tahun 2018 juga di hadiri Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan, Dandim 1009 Pelaihari Letkol Infanteri Bagus Budi.A, Kepala Pengadilan Negeri Amrullah,SH, perwakilan KPU provinsi Kalsel,dan jajaran pejabat di Pemkab Tanah Laut.Tung

7
77%
like
1
11%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
1
11%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook