POLRES TALA

Tim Polres Tala Pun Berjibaku Jinakkan Sijago Merah

INFOTANAHLAUT.COM-Ancaman kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dalam pekan ini masih mengancam di sejumlah tempat.
Selasa (13/8) sekitar pukul 13.00 wita hingga sampai pukul 15.20 wita, Polres Tanah Laut dan Polsek jajaran melaksanakan giat pemadaman kebakaran laham di Kecamatan Tambang Ulang.
Pada pukul 13.15 wita, kebakaran lahan kosong di pinggir Jalan A. Yani Desa Sungai Jelai Kecamatan Tambang Ulang. Pemadaman dengan peralatan manual berupa Solo (alat semprot punggung) oleh 3 personel Polsek Tambang Ulang, namun api membesar dan merembet ke laham milik Pemda Tala.
Selanjutnya pada pukul 14. 30 wita, Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan, S.IK, MH di dampingi Kasat Sabhara Res Tala, Kasi Humas Polres Tala dan Kapolsek Tambang Ulang tiba di lokasi kebakaran dan langsung memadamkan api dengan menggunakan peralatan manual Solo. Selama proses pemadaman, di perkuat oleh tim dari Damkar dan Satpol PP Tala, BPBD Tala dan Manggala Agni yang membantu pemadaman api dengan menggunakan perlatan mobil damkar dan Jet Sutter.
Berjiabaku memadamkan api pun membuahkan hasil, sekitar pukul 15.30 wita kobaran api dapat di padamkan.
Dari data di himpun, pemilik dan luasan lahan yang terbakar lahan milik Pemkab Tala yang di sewa dan bekas di tanami tanaman jagung oleh Yani dengan total luas lahan yang terbakar sekitar 1 hektar. Sementara asal api belum di ketahui secara pasti, namun kuat dugaan api berasal dari puntung rokok yang di buang oleh pengguna jalan, sebab terjadinya kebakaran berada di tepi jalan raya.
Selanjutnya pihak Polres Tala mengambil langkah-langkah berkordinasi dengan Posko BPBD Gunung Raja, berkoordinasi dengan General Manager (GM) PTPN XIII Pelaihari Irwan untuk minta bantuan tim damkar guna mengantisipasi merembetnya api ke perkebunan kelapa sawit milik PTPN XIII Pelaihari. Kemudian melakukan pengaturan lalu lintas di Jalan A. Yani Rt 05 Desa Sungai Jelai (sekitar lokasi kebakaran lahan), mengambil titik koordinat, mendokumentasikan kegiatan, mencari informasi pemilik/penyewa lahan serta melakukan interview terhadap penyewa lahan untuk mendapatkan kejelasan asal api.
Kapolres Tala AKBP Sentot Adi Dharmawan mengatakan, hal ini sebagai perwujudan sinergitas antar sesama tim penanggulangan Karhutla dalam mencegah dan menindak lanjuti terjadinya karhutla.Terbangunnya koordinasi yang baik antara sesama tim penanggulangan Karhutla, serta terciptanya kepercayaan masyarakat terhadap tim karhutla khususnya Polres Tala dan Polsek Tambang Ulang dalam memberikan pelayanan, perlindungan dan pengayoman terhadap masyarakat.
“Kebakaran lahan dapat di kendalikan dan tidak ada masyarakat yang mengalami kerugian jiwa maupun materil akibat kebakaran lahan tersebut, sehingga stabilitas kamtibmas di wilayah Polsek Tambang Ulang tetap kondusif,”tutup Kapolres.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook