KECELAKAAN

Tim Saber Pungli OTT Kades Sungai Jelai

INFOTANAHLAUT.COM- Tim saber pungli yang di ketuai oleh Kompol Iwan Hidayat, telah berhasil melakukan Operasi Tangkap Tangan (OTT) kepada kepala Desa Sungai Jelai H.SAF pada hari Jum’at (14/7) kemarin sekitar pukul 09.30 wita di ruang kerja kades Kecamatan Tambang Ulang.
Hal ini dilakukan menyusul adanya pungutan yang dilakukan sang kades untuk pengurusan berkas kepemilikan tanah dengan balik nama yang masih dalam bentuk sporadik atas nama pemohon Nuryadi.
Pengurusan itu sendiri sejak bulan Agustus tahun 2016. Sejumlah warga lainnya seperti Rosa Puspita Rininta di lahan seluas 2,7 hektar, Guntur Yulianto seluas 2,7 hektar yang lokasinya berada di jalan Gunung Batung Rt 8 Desa Sungai Jelai baru atas nama Johansyah. Atas pengurusan tersebut, Nuryadi melalui Ayu Indah Lestari selaku kasi pemerintahan atas mandat kades meminta Rp 2 juta rupiah. Namu oleh Nuryadi hanya bisa memberi Rp 1 juta rupiah. Atas keurangannya bagi Nuryadi menunggu transfer. Kemudian hari Rabu (12/7) Nuryadi datang ke kantor desa untuk melakukan pengurusan gambar ukur dan tanda tangan kepala desa guna peningkatan status dari sporadik ke sertifikat. Namun setelah Nuryadi pulang ada menerima SMS dari Kades Dusun III Amirulah, bahwa atas perintah kades sisa pembayaran pengurusan sporadik Rp 1 juta rupiah di bayarkan lebih dahulu agar dapat mengambil gambar ukur yang sudah di tandatangani kades. Kemudian pada Jum’at (14/7) Nuryadi pun menenumui kades untuk menyerahkan sisa uang Rp 1 juta rupiah itu. Saat itulah tim saber pungli langsung melakukan OTT di kantor desa.
Barang bukti yang di sita oleh tim saber pungli yakni uang tunai Rp 1 juta pecahan seratus ribu rupiah dalam amplop warna puitih, blangko gambar ukur dari Badan Pertananahn Nasional kantor pertanahan Kabupaten Tanah Laut 2 rangkap, 1 bundel daftar registrasi pelayanan surat menyurat Desa Sungai Jelai, dan daftar regsitrasi pelayanan sporadik Desa Sungai Jelai Kecamatan Tambang Ulang.
Ketua tim saber pungli Kompol Iwan Hidayat, Rabu (19/7) dalam keterangan persnya di sekretariat saber pungli kantor Inspektorat Tanah Lautdi dampingi Kabag Ops Polres Tala Kompol Fauzan Arianto, Kejaksaan dan kepala Inspektorat Tala Drs.H.Abdullah mengatakan, aparatur desa ini melakukan pungutan di luar prosedur dan sebagai tindak lanjut penyelidikan mendalam di sita uang tunai Rp 1 juta rupiah.
“saat ini statusnya kades di naikan menjadi penyidikan, dan sudah berapa lama kades tersebut melakukan hal demikian, dan sudah berapa korbanya, dan kades sendiri memang belum di amankan karena masih di korek keterangan saksi-saksi,”terang Iwan.
Kades Sungai Jelai ini di jerat pasal 12 huruf E UU RI nomor 31 tahun 1999 tentang pemberantasan tindak pidana korupsi, yang di ubah dalam UU RI nomor 20 tahun 2001, dan dengan ancaman minimal 4 tahun penjara.
Tim saber pungli sendiri selama ini ada melakukan OTT sebanyak 3 kali. OTT pertama pungutan di objek wisata pantai Batakan di Kecamatan Panyipatan dan di objek wisata taman Labirin Desa Tamban Ulang Kecamatan Tambang Ulang, serta yang terkini OTT kepada kades Sungai Jelai.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook