POLITIK

Tim Sukses Paslon Nyatakan Siap Debat

INFOTANAHLAUT.COM- Di fasilitasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Tala, Selasa (3/4) di salah satu aula hotel di kota Pelaihari mengundang Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tala, dan kedua tim pasangan calon (Paslon) untuk membahas kesiapan masing-masing paslon untuk mengikuti tahapan Pilkada berupa debat kandidat yang di rencanakan akan di gelar tanggal 5 Mei 2018 mendatang di gedung Balairung Tuntung Pandang.
Dalam rapat koordinasi tersebut kedua tim paslon menyatakan siap untuk di gelarnya debat kandidat kedua paslon. Plt kepala Bappeda Tala Nur Tumai Irian Bari yang hadir dalam rakor memberikan gambaran kepada kedua tim paslon terhadap kondisi real pembangunan yang terjadi di Kabupaten Tanah Laut, sehingga bisa menjadi bahan bagi kedua paslon.
Dalam rapat koordinasi tersebut di bahas berbagai macam permasalahan, baik tehnis pelaksanaan sampai pada apa yang akan di sampaikan oleh kedua paslon dalam visi dan misinya.
Kepala Bappeda Tala Nurtumai Irian Bari usai rapat koordinasi mengatakan, melihat pada kedua paslon yang dulunya berpasangan, tentu sudah sangat paham, namun paling ideal adalah menyampaikan masalah-masalah yang faktual di Tanah Laut yang tertuang dalam visi dan misi. Kemudian kedua paslon juga harus berjanji atas apa yang di dapat selama 5 tahun di dapat selama menjabat.
Ia menambahkan, semisal selama 5 tahun menjabat kemarin yang sekarang tengah di genjot pembangunannya, dan menjanjikan pengungkit ekonomi masyarakat Tanah Laut yang luar biasa ini. 5 tahun kedepan berikutnya tentu ada hal yang lebih spesipik untuk meningkatkan kemajuan Tanah Laut dari segi peradaban, ekonomi, dan pada sisi lain yang dapat di tonjolkan.
“Yang penting itu memunculkan ekonomi kerakyatan yang berujung pada peningkatan kemajuan daerah. Satu contoh mungkin bisa membangun ponpes berstandar internasional karena sudah banyak Pemkab mengirim santri ke Hadral Maut untuk belajar lebih mendalam soal agama, dan mereka sudah pasti memerlukan untuk pengembangan ilmunya,” papar Tumai.
Sementara itu dalam rangka menghadapi debat calon kandidat bupati dan wakil bupati Tala 2018 sampai 2023, ketua tim pemenangan pasangan nomor 1 Noor Ifansyah mengutarakan, terkait persiapan sudah mencapai 80 persen karena visi misi yang di buat oleh tim dan di sahkan oleh paslon H.Sukamta-Abdi Rahman.
Ia menambahkan, pada prinsipnya yang nanti di sampaikan paslon adalah selalu dekat dengan masyarakat, aspirasi masyarakat akan di perhatikan, daerah pinggiran menjadi hal utama karena banyak pembangunan yang belum tersentuh, satu contoh perlunya penambahan dana desa misalnya 10 persen di tambah 5 persen sehingga pembangunan di desa lebih cepat dan tajam karena dana desa di kelola oleh kepala desa dan masyarakat.
“soal pengawasan anggaran desa tetap melibatkan unsur yang sama, namun dananya perlu di tambahkan dananya, sehingga seperti kegiatan keagamaan, kepemudaan di desa dapat maju dan berkembang,” jelasnya.
Di tempat yang sama, ketua tim pemenangan pasangan nomor 2 Ustaz Zainal Abidin mengutarakan, menyangkut persiapan debat publik nanti inshaa allah kedua paslon Bambang-Ahmad Nizar sudah sangat siap, karena visi dan misi sudah di utarakan pada saat kampanye yang mudah di pahami oleh masyarakat, sehingga berharap informasi yang di sampaikan nanti pada debat calon dapat menjadi sebuah informasi yang mencerdaskan bagi masyarakat.
“masyarakat yang sekarang mungkin belum tahu atas program-program yang belum di ketahui, dan lewat debat kandidat kelak informasi bisa menyebar sampai ke desa-desa. Yang jelas apa yang sudah di kerjakan selama 5 tahun menjabat dan apa yang belum di kerjakan 5 tahun kedepan dapat di ketahui masyarakat,” ungkapnya.
Terhadap kesiapan pelaksanaan debat calon kandidat tersebut, ketua KPU Tala Kamaru Zaman juga mengatakan, secara tehnis sudah jauh-jauh hari KPU merancang materi tentang debat tersebut, disamping itu telah membaca dan mempelajari visi misi kedua paslon yang sudah di serahkan naskahnya pada saat pendaftaran kemarin.
Zaman menambahkan, KPU juga butuh masukan dan saran dari tokoh-tokoh Tanah Laut di saat rapat koordinasi berlangsung.
“KPU banyak mendapat masukan terhadap visi misi paslon baik dari segi pendidikan, sosial budaya, pembangunan, kemasyarakatan, dan keagamaan. Atas masukan itulah nantinya di bawa ke tim panelis yang ada di Banjarmasin untuk di formulasikan, sehingga itulah yang di bawa untuk debat paslon nantinya,”katanya.
Adanya debat kandidat calon bupati dan calon wakil bupati oleh KPU bertujuan agar masyarakat mengetahui visi misi calon serta penajaman dan pendalaman di visi misi tersebut.
Menurut Zaman pula, KPU sudah mempetakan tentang keterbatasan gedung Balairung tersebut sehingga hanya memperbolehkan masuk serta mengudang sebanyk 150 orang per tim kedua paslon dan undangan lainnya sekitar 100 orang. Namun jangan khawatir bagi masyarakat yang tidak bisa masuk, diluar gedung di pasang beberapa tenda dan layar lebar sehingga bisa menyaksikan debat kandidat.
Sementara itu saat di singgung bahwa kedua paslon ini dulunya pernah menjabat, dan di khawatirkan visi dan misi mereka sama, menurut Zaman hal itu di pastikan tidak sama, karena naskah visi dan misi setelah di baca dan di pelajari nampak berbeda, dan kalau sama pun tidak mengapa.
“untuk moderator dari unsur akademisi yang independen yakni dari Universitas Lambung Mangkurat dan Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Banjarmasin yang terdiri dari 4 orang, baik itu rektor, wakil rektor serta dosen,”tutupnya.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook