PUBLIK

TMMD Ke 99, Tak Ada Kekakuan Komunikasi Antara TNI Dan Warga

INFOTANAHLAUT.COM- Pelaksanaan Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) yang ke 99 tahun ini di fokuskan di Desa Sambangan Kecamatan Bati-Bati. Begitu terasa kental sekali jalinan keabkapan antara masyarakat dengan anggota TNI maupun dengan semua personil yang terlibat dalam program tersebut.
Prajurit maupun elemen lainnya tidak terlalu terlihat canggung, baik dalam koumikasi, kordinasi, melaksanakan pekerjaan di lapangan, kadang sambil bersenda gurau namun serius bekerja, maupun dalam suasa istirahat setelah melakukan berbagai pekerjaan.
Seperti halnya pada saat tidur malam sambil melepas lelah, antara anggota TNI maupun personil lain yang tidur di rumah-rumah penduduk pun merasakan sebuah kenyamanan layaknya di rumah masing-masing.
Terjadi sebuah dialog kecil sesaat sebelum tidur bersama pemilik rumah, sambil menikmati sajian makanan ringan dan minuman kopi mapun teh, menjadi pemandangan setiap hari yang dapat di jumpai. Dalam dialog terkadang juga saling melakukan evaluasi atas apa yang sudah dikerjakan di waktu siang hari.
Hingga menjelang malam semakin larut, dan masing-masing sudah mulai mengantuk, maka waktu malam di gunakan sebaik mungkin untuk beristirahat, karena masih banyak pekerjaan lain yang harus di tuntaskan kembali.
Tidak ketinggalan dengan urusan keyakinan. Saat tiba waktu untuk beribadah solat pun tidak di tinggalkan prajurit maupun warga, baik secara berjamaah maupun solat sendiri-sendiri.
Yang lebih membawa kesan manis, saat menyantap makan siang antara prajurit dan warga di lokasi dimana kegiatan dilakukan.
Menu makan yang tidak terlalu mewah, namun bergizi pun di santap bersama-sama dengan harapan agar energi dapat kembali terisi setelah di gunakan untuk bekerja yang memamg di butuhkan fisik yang prima.
Dandim Kodim 1009 Pelaihari Letkol Infanteri Yoseph D Surbakti, Sabtu (8/7) mengatakan, kami begitu senang, begitu pula sebaliknya masyarakat dengan TNI maupun personil lainnya begitu tidak ada jarak sedikitpun, ke kompakan dan kekeluargaan tercipta begitu terasa sekali.
“masyarakat begitu senang hidup berdamppingan dengan TNI maupun personil lainnya, berharap penuh jalinan semacam ini tetap terus bertahan dan tumbuh berkembang, karena tidak mungkin TNI tanpa rakyat, begitu pula sebaliknya,” ucap Yoseph.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook