PEMERINTAHAN

Tolak Ukur SAKIP Harus Dirasakan Langsung Masyarakat

INFOTANAHLAUT.COM-Setelah belum lama tadi wakil bupati Tala H Sukamta menerima Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintahan (SAKIP) dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Asman Abrur di Surabaya Jawa Timur, wakil bupati Tala, Rabu (1/2), Sakip sendiri adalah menunjukan efiseinsi dan keterbukaan, transparansi, dan yang utama sekali adalah manfaatnya yang langsung di rasakan oleh masyarakat.

“jangan sampai terjadi pemborosan anggaran, jika anggaran yang di keluarkan cukup besar namun tidak mengena di masyarakat langsung,” kata Sukamta.

Nilai Sakip yang di dapat Kabupaten Tanah Laut sendiri masih berada di nilai CC, jika nilai sudah B kebawah maka masih terjadi pemborosan anggaran.

Pasca di terimanya Sakip menurut Sukamta yakni dilakukan perencanaan yang harus lebih ketat, menysusun indicator kinerja, tim TAPD harus bisa mensinkronkan  kehiatan kerja dan manfaat, bukan hanya output, anggaran yang di keluarkan seberapa besar manfaatnya dan harus di ukur tingkat kemanfaatannya secara real.

“penganggaran juga harus fokus, selebihnya hanya pendukung, dan dasar dari penyusunan itu semua mengacu pada Rencana Panjang Jangka Menengah Daerah (RPJMD), karena jika semua jelek maka dampaknya akan terjadi pengurangan Dana Alokasi Umum (DAU), tidak dapat kenaikan jabatan bagi PNS, dan untuk itu semua juga harus di lengkap dengan adanya kontrak kerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang itu nantinya di tuangkan dalam Peraturan Bupati (Perbup) dan kepada individu,” jelas Sukamta.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook