KULINER

Toniansyah 30 Tahun Lebih Punya Pohon Durian Peninggalan Kakek

INFOTANAHLAUT.COM-Raut wajah senang bercampur keringat nampak di raut wajah Toniansyah warga dari Desa Bentok Darat Kecamatan Bati-Bati,karena ia di tetapkan sebagai juara pertama dalam kontes durian unggul lokal yang di selenggarakan Dinas Pertanian Tanaman Pangan dan Holtikultura (Distanholbun) Tanah Laut,Senin (13/1) siang di halaman kantor Distanholbun.
Tangkai Panjang,itulah nama durian milik Toniasyah yang diakuinya selama 30 tahun lebih merawat pohon durian peninggalan kakeknya,ujarnya kepada awak media usai menerima hadiah pemenang yang di serahkan bupati Tala H Sukamta.
Ia menambahkan,baru kali pertama ikut dalam kontes durian ini dan alhamdulilah bisa menjadi juara pertama,sementara harga per biji durian di jual sebesar Rp 40.000,dan sesuai namanya yang memang secara fisik memiliki tangkai yang panjang,ucapnya.
Durian milik Toniansyah pun selanjutnya mewakili Kabupaten Tanah Laut untuk mengikuti kontes durian di daerah Kiram Kabupaten Banjar pada Sabtu (18/1) mendatang yang akan di buka gubernur Kalsel H.Sahbirin Noor.
Kontes durian di buka bupati Tala H.Sukamta,dan dalam arahannya memang pada saat-saat musim sekarang terhitung sejak bulan Desember hingga sampai bulan Februari nanti yang namanya durian melimpah,itulah makanya oleh Distanholbun di adakan kontes dengan harapan dapat menggerakan ekonomi rakyat.
“berharap petani durian tetap melesatriak durian lokal,karena ini merupakan kekayaan hayati yang perlu di lestarikan, durian Tala memiliki ke khasan tersendiri,yang sangat beda dengan durian dari luar. Petani durian juga di dorong untuk mengembangkan kekayaan hayati,”kata Sukamta.
Ia menambahkan,bagi yang juara maka pohonnya akan di jadikan pohon induk untuk di kembangkan menjadi benih. Sementara hanya di tingkat kabupaten saja kontes ini di gelar.
Hal senada di utarakan Kadistanholbun Tala Ahmad Mustahdi,peserta yang ikut tercatat ada 64 jenis macam durian yang di ikuti 9 kecamatan,karena pada Kecamatan Kurau dan Bumi Makmur tidak ikut lantaran di kedua kecamatan tersebut tidak ada pohon durian. Peserta juga ada yang kelompok dan perorangan.
mustahdi menambahkan,seyogianya masih banyak jenis durian lain yang ingin ikut namun masih belum masak,hal ini mengingat kejar waktu agar tidak terlapis dengan kegiatan akbar kontes durian di daerah Kiram Kabupaten Banjar.
“Pada kontes durian di Kiram nanti,Tala juga buka stand yang tidak semata menyajikan durian,namun ada buah semangka. Karena semangka dan buah Nang yang juga keduanya punya keunggulan di Kalsel. Terhadap pohonnya oleh Distanholbun di ekplorasi untuk menjadi pohon induk,sehingga dapat menjadi bibit yang di perbanyak baik dengan cara sambung pucuk maupun mata tempel,serta di daftarkan di Perlindungan Varitas Kementerian Pertanian,”tutup Musthadi.
Dalam kontes durian ini tim juri dari Distanholbun provinsi Kalsel.
Dalam penialaian menyangkut rasa dan ketebalan daging 30 persen,warna daging 15 persen,dan aroma dan ukuran 10 persen. Bagi durian yang mengandung ulat otomatis langsung gugur.
Mereka para pemenang kontes durian yakni Toniansyah dari Desa Bentok Darat Kecamatan Bati-Bati dengan durian bernama Tangkai Panjang nomor urut,juara 2 milik Lamsani dari Desa Panyipatan Kecamatan Panyipatan dengan nama durian Adangan,juara 3 milik Ahmad Salahudin dari Desa Asam-Asam Kecamatan Jorong dengan nama durian Simangkal.
Kemudian juara harapan 1 durian milik Ipul Jurai dari Desa Tungkaran Kecamatan Pelaihari dengan nama durian Rangga Malang,juara harapan 2 durian milik Ibrahim dari Desa Atu-Atu Kecamatan Pelaihari dengan nama durian Tembaga dan juara harapan 3 durian milik Syahri dari Kecamatan Pelaihari nama durian Sirabut.
Usai di nilai,baik Sukamta dan forkopimda pun mencicipi buah durian yang juara.
Di sekitar acara kontes berlangsung juga di pamerkan hasil produk-produk UKM lainnya,seperti dodol durian,dan aneka kripik,kacang ijo,dan bubur telur burung Karuang serta yang lainnya.
Di depan kantor Distanholbun sendiri jika pada sore hari menjadi pasar buah durian.
Dalam kontes di hadiri pula forkopimda, kepala SKPD,ketua dan anggota komisi 2 DPRD Tala,serta ASN dan masyarakat yang turut menyaksikan dan menikmati durian yang di lombakan setelah di umumkan pemenangnya oleh tim juri.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook