BENCANA

Trans 300 Diserang Banjir

INFOTANAHLAUT.COM- Hujan yang turun sejak pukul 02.00 wita Rabu (20/06/2018) membawa dampak terendamnya puluhan rumah di Dusun Banjar Arum Desa Karang Rejo Trans 300 Kecamatan Jorong khususnya pemukiman warga yang berada di Rt 16.
Menrut ketua Rt 16 Suyitno dilokasi banjir mengatakan, meningginya air pada pukul 09.00 wita dimana ketinggian air mencapai paha orang dewasa. Selain hujan juga adananya luapan air sungai yang tidak jauh dari Rt 16 yakni sungai Buaya, dan ada sebanyak 35 rumah warga yang terendam.
“tiap tahun memang di lokasi Rt 16 selalu menjadi ancaman serangan banjir, dan mengenai sungai yang ada sudah mengajukan ke Pemerintah Kecamatan untuk di teruskan ke dinas terkait agar kiranya dilakukan pengerukan, dan kabarnya di tahun ini juga akan di keruk,”katanya.
Warga yang terkena dampak banjir ini mengerakan aksi sosial, dimana bagi aparat jajaran perangkat desa pun ambil inisatif menyalurkan bantuan sembako bagi warga yang rumahnya tergenang air.
Di motori oleh Sekdes setempat Haris Munandar, penyaluran sembako dilakukan keliling dengan menggunakan mobil pick up kerumah-rumah warga yang terendam air cukup parah.
“ini merupakan inisiatif dari perangat desa untuk membantu warga korban banjir, dan banyaknya paket semabko yang di salurkan sebanyak 110 buah, sambil menunggu bantuan dari pihak luar kepada korban banjir,”kata Haris.
Banjir yang menggenangi pemukiman warga di Rt 16 sendiri mulai perlahan mengalami surut, kendati banjir juga sampai merambah ke areal perkebunan kelapa sawit, karet maupun kantor desa setempat. Akses jalan desa yang sudah beraspal pun nampak ikut menjadi rusak akibat genanangan air.
Sejumlah bantuan akhirnya pun tiba di desa tersebut, mulai dari relawasn Respon Cepat (RC) 113 Tanah Laut, pihak pemerintah Kecamatan Jorong, Pemkab Tanah Laut maupun dari pihak lainnya.
Tidak ada korban jiwa dalam musibah banjir ini, dan bagi warga desa yang rumahnya tidak terkena banjir saling siaga untuk sewaktu-waktu bertindak memberikan bantuan kepada warga lain yang membutuhkan bantuan.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook