RELIGI

Tugas Mereka Tidak Saklak Urusan Agama Semata

INFOTANAHLAUT.COM-Penyuluh Agama Islam yang berdomisili di desa dalam tugasnya tidak semata-mata membawa misi keagamaan semata, namun mereka juga harus menyampaikan ke masyarakat jika ada informasi pembangunan atau ada program dari Pemerintah Kabupaten, termasuk pula ada informasi Kamtibmas dari Kepolisian.
Sejalan dengan itu, Kamis (15/11) di aula Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Pelaihari Jalan Kyai Haji Ahmad Nawawi, para penyuluh agama islam se Kecamatan Pelaihari megikuti pembinaan penyuluh agama islam honorer se Kecamatan Pelaihari.
Para penyuluh agama islam ini di berikan penguatan dan pemahaman akan tugas utama pada desa masing-masing.
Marliana,S.Ag selaku koordinator penyuluh agama islam Kecamatan Pelaihari mengutarakan, penyuluh agama honorer ini yang mendapatkan intensif dari Pemkab Tanah Laut sebesar Rp 300.000 per bulannya, dan untuk Kecamatan Pelaihari da sebanyak 52 orang penyuluh agama islam.
Ia menambahkan, tugas mereka selain penyuluh agama islam ada yang berpfofesi sebagai guru TK, guru mengaji, dan ustad penceramah di desa.
“Kegiatan rutin 2 bulan sekali di agendakan pertemuan, hal ini dilakukan jika ada masalah di desa sehinghlga bisa di pecahkan bersama. Kemudian jika di desa ada lairan-aliran agama lain, terlebih saat sekarang adanya aliran radikal, maka tugas penyuluh agama islam inilah sebagai garda depannya,”kata Marliana.
Pada pasca pertemuan penyuluh agama islam ini, maka mereka di minta dalam 1 bulan sekali memberikan laporan kegiatan.
Menurut Yana, demikian sapaan koordinator penyuluh agama islam Kecamatan Pelaihari ini, laporan di kirim ke grup Whats App, tidak semata tertulis namum juga di sertai foto kegiatan.
Ia berharap insentif dari Pemkab Tala bisa di naikkan lagi, mengingat tugas mereka cukup berat yang tidak semata penyuluhan keagamaan dan menyampaikan misi keagamaan saja, termasuk penyampaian perkawinan usia muda di desa. Diakui, yang berat saat sekarang yang di hadapi para penyuluh agama islam ini adalah menyangkut kenakalan remaja, penggunaan obat di kalangan remaja, sampai pada memberikan penyadaran kepada remaja untuk taat kepada orang tua dan lain sebagainya.
Pada kegiatan memang tidak semua penyuluh agama islam se Kecamatan Pelaihari bisa hadir, karena mereka juga ada kesibukan lain seperti guru TK dan penceramah karena sekarang memasuki bulan maulid, sehingga harus ceramah di desa.
Dari data Kementerian Agama (Kemenag) Tala, se Kabupaten Tanah Laut ada 255 orang honorer yang mendapat insentif dari Pemkab Tala, dan ada sebanyak 74 orang penyuluh agama islam dari Kemenang Tala. Pada masing-masing kecamatan ada koordinator penyuluh agama islam.
Untuk Kecamatan Pelaihari dan Kecamatan Bati-Bati sendiri ada 2 orang koordinator dengan pertimbangan hal itu karena 2 kecamatan ini tingkat kepadatan penduduknya cukup banyak.Tung

3
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook