PENDIDIKAN

Uji Coba Lancar Namun Unit Masih Kurang

INFOTANAHLAUTCOM-Siswa dan siswi di UPTD SMP Negeri 3 Pelaihari menjajal laptop baru yang di disrtibusikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Tala, sebagai sarana penunjang untuk pelaksanaan Ujian Negara Berbasis Komputer (UNBK) yang akan di geber bulan April mendatang.
Selasa (1/3/2019), sejumlah siswa dan siswi kelas 9 UPTD SMP Negeri 3 yang berada di Desa Pemuda Kecamatan Pelaihari nampak tengah konsentrasi mengerjakan soal matematika. Puluhan unit laptop tersebut terkoneksi secara bersamaan dengan jaringan internet.
Uji coba laptop itupun mendapat pengawasan dari beberapa guru dan operator, sehingga saat terjadi trouble pada laptop per siswa bisa segera di atasi.
Akan tetapi bagi UPTD SMP Negeri 3 Pelaihari masih kekurangan unit laptop sebanyak 13 unit.
Di utarakan Sigit Nugroho Operator UPTD SMP Negeri 3, sejauh ini pelaksanaan simulasi UNBK dapat berjalan lancar, termasuk masalah koneksi internet tidak ada masalah, walau terkadang ada masalah tapi bisa di atasi.
“Untuk spesifikasi laptopnya bagus dan sesuai saja,sehingga lancar saja di gunakan siswa. Sekolah kami dapat 25 unit laptop, kalau tahun sebelumnya hanya dapat 14 unit, 1 server, dan masih ada kekurangan juga sehingga harus pinjam dari guru-guru dengan kekurangan 13 unit sebagai penanggulangan kekurangan,”ungkap Sigit.
Ia berharap, Disdikbud Tala segera melakukan penambahan laptop yang kurang agar siswa dapat mengerjakan soal UNBK tanpa harus meminjam dari siswa lain maupun guru.
Siswa kelas 9 UPTD SMP Negeri 3 yang mengikuti UNBK sebanyak 154 orang siswa yang di bagi menjadi 3 sesi. Setiap sesi di isi 52 orang siswa.
Sementara Zulfa Nabela siswi kelas 9 menuturkan, kalau kesulitan atau cara mengerjakan aman-aman saja, cuma soal yang masih belum bisa menguasai materi. Kalau menyangkut peralatan seperti laptop dan servernya saat gladi UNBK aman-aman saja.
“Alhamdulilah koneksi internet lancar, walau ada beberapa yang mengalami logout (Keluar) karena mungkin kabel koneksi goyang,”katanya.
Mendekati waktu pelaksanaan UNBK tidak lama lagi. Bagi Zulfa Nabela, langkah persiapan pun sudah ia lakukan melalui pelajaran tambahan di sekolah atau les setiap hari Senin sampai Kamis dan ada guru khusus yang memberikan les. Ia mengakui masih banyak yang harus di poles ilmu-ilmu atau materi untuk lebih menguasai lagi.
Siswa tingkat UPTD SMP tahun ini 100 persen mengikuti UNBK, namun bagi sekolah yang masih kekurangan laptop, Disdikbud Tala berupaya untuk menambah kekurangan teserbut.
Kepala Disdikbud Tala Abdillah melalui Kepala Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar (Bidang Bina Dikdas) Titik Wijayati, M.Pd di konfirmasi soal kekurangan laptop mengatakan, hal itu sudah pula di sampaikan ke kepala sekolah, dimana sementara untuk gladi sudah teratasi, tapi untuk pelaksanaan UNBK pada saatnya nanti akan di pinjamkan laptop dari sekolah yang menggabung. Karena sekolah yang menggabung ke SMK atau SMA laptopnya belum terpakai sepenuhnya.
“Untuk sekolah yang jumlah siswanya banyak memang tidak bisa terpenuhi full (Penuh), Inshaa Allah ada solusi,”ucap Titi.
Pengiriman laptop ke Disdikbud Tala pada tahap pertama sebanyak 500 unit, di tahap 2 sebanyak 500 unit dan di tahap ketiga 364 unit. Guna mengatasi kekurangan tahun depan di usulkan melaui DAK dan APBD Tala. Seperti di ketahui anggaran pengadaan laptop untuk UNBK sebesar Rp 9 milyar rupiah, dengan rincian dari dana DAK Disdikbud Tala sebesar Rp 6 milyar dan APBD Tala sebesar RP 3 milyar dan dengan merek Lenovo V 130-141 KB Intel CORE i3-7020U4 GB 1 TB Win 10 Home warna hitam.Tung

13
86%
like
0
0%
love
3
20%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
1
6%
angry

Komentar Facebook