PUBLIK

Urusan Jalan Desa Digarap Keroyokan

INFOTANAHLAUT.COM- Setelah sempat tarik ulur antara Pemkab Tanah Laut dengan PTPN XIII terhadap jalan masuk ke Desa Tebing Siring yang lokasinya berada melintas di perkebunan kelapa sawit, akhirnya terhadap jalan tersebut tahun ini di kerjakan namun polanya gotong royong antara Pemkab, PTPN XIII dan pengusaha perkebunan kelapa sawit lainnya yang menggunakan jalan tersebut. Persoalan jalan tersebut sejak tahun 2013 lalu mencuat dan warga meminta kepada Pemkab Tala untuk mengaspalkan jalan sepanjang 4 km.

Dalam sejarahnya, jalan tersebut juga pernah di lintasi presiden RI Joko Widodo saat melakukan kunjungan kerja ke Desa Tebing Siring di bulan Mei ini.

Di jelaskan ketua Komisi 3 DPRD Tala Ihkwan Khairi pekan kemarin di DPRD Tala mengatakan, PTPN XIII selaku Badan Usaha Milik Negara (BUMN) tidak ada istilah pinjam paka atau hibah, namun yang ada ganti rugi.

Ihkwan yang bersama pihak eksekutif beberpa waktu lalu melakukan lawatan ke Pontianak Kalimantan Barat yakni ke manajemen PTPN XIII, membawa permasalahan yang di hadapi warga Desa Tebing Siring mengenai jalan yang belum bagus kondisinya.

Ada 3 opsi yang di ajukan mengenai jalan tersebut, yakni opsi pertama apakah pihak PTPN XIII akan mengerjakan semua, atau PTPN melakukan perawatannya, opsi kedua apakag Pemkab Tala melakukan ganti rugi, dan mengaspalkan, namun kondisi keuangan daerah yang tidak memungkinkan hal itu juga tidak mungkin dilakukan, dan ospi ke tiga yakni pihak swasta dalam hal ini perusahaan lain yang menggunakan jalan tersebut yakni PTPN sendiri, KJW dan SSA untuk sama-sama memperhatikan kondisi jalan.

“dari komunikasi dengan pihak PTPN, karena dis itu juga ada investor yang bekerja sebagai penambang batu gunung, maka telah di undang beberapa pengusaha batu tersebut dan sepakat kerja kroyokan,” jelas Ihkwan.

Ia menjelaskan pula, pengusaha batu gunung siap membantu memasok batu-batunya, Pemerintah Kabupaten mepersiapkan dari peralatan, dan 3 perusahaan kelapa sawit PTPN, KJW dan SSA gotong royong untuk mengaspalkannya.

Atas kesepakatan tersebut, maka tahun ini secara bertahap mulai di bangun. Di tahap awal pengerasan dengan batu.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook