PUBLIK

Urusan Lansia Paling Banyak

INFOTANAHLAUT.COM-Kepala Dinas Sosial Tala Ir. Wiyanto mengakui masalah sosial di masyarakat yang paling banyak adalah urusan Lanjut Usia (Lansia), demikian ia katakannya, Jum’at (23/11/2018) usai kegiatan temu Karya Bhakti Sosial PSM ke 16 se Kalsel di halaman kantor Desa Gunung Melati Kecamatan Batu Ampar.
Ia menjelaskan, PSM sendiri seperti relawan dan mereka sebagai ujung tombak informasi di lapangan, menemukan masalah sosial untuk langsung melakukan koordinasi.
“Persoalan sosial beragam mulai dari Lansia, lumpuh, rumah tidak layak huni, akan tetapi yang paling banyak adalah lansia,”kata Wiyanto.
Untuk PSM kabupaten kota se Kalsel ada sebanyak 300 org, di samping itu ada sebanyak 26 item kategori dalam sasaran program kerja PSM dan hal itu sumber dananya dari Kementerian Sosial.
Kelebihan Desa Gunung Melati sendiri agak beda dari desa lainnya di Tala, karena hanya satu-satunya di Kabupaten Tanah Laut desa yang mempunyai Pusat Kesehatan Sosial (Puskesos) dan itu pembentukannya langsung dari Kementerian Sosial. Di tahun 2019 mendatang Puskesos mendapatkan program dari Kementerian Sosial yakni Sistem Layanan Rujukan Terpadu (SLRT).
Sementara kini untuk Sekretariat PSM Tala masih dalam tahap pembangunan yang lokasinya berada di samping rumah dinas Kapolres Jalan Pancasila.
Wiyanto menambahkan, sekretariat PSM nanti kalau sudah selesai di bangun akan di jadikan rumah perlindungan sosial atau rumah singgah lazimnya orang menyebut, karena sementara ini rumah perlindungan sosial masih pinjam pakai eks rumah dinas ketua DPRD Tala di Jalan Hutan Kota, dan bergabung dengan PMI yang juga gedung barunya belum selesai di bangun, selain itu sekretrariat PSM yang baru kelak sebagai wadah bagi organiasi sosial lainnya”jelas Wiyanto.Tung

2
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook