PEMERINTAHAN

Usia Ke 54 Dewan Pacu Dongkrak PAD

INFOTANAHLAUT.COM-Senin, 2 Desember 2019 merupakan hari bersjarah bagi Kabupaten Tanah Laut, karena pada tanggal tersebut Kabupaten Tanah Laut memasuki usia yang 54.
Sebagai agenda dari hari jadi Tala, di gelar rapat istimewa di gedung DPRD Tala yang di pimpin ketua DPRD Tala Muslimin dan di hadiri bupati Tala H. Sukamta.
Dalam rapat istimewa tersebut, para wakil anggota DPRD Tala pun nampak mengenakan pakaian adat Banjar.
Ketua DPRD Tala Muslimin usai rapat istimewa hari jadi dalam keterangan persnya mengatakan, dewan mendukung program-program pelayanan ke masyarakat.
“secara keseluruhan anggaran belanja Kabupaten Tanah Laut sebesar Rp 1,9 trilyun rupiah, kemudian pada tahun 2019 Pendapatan Asli Daerah (PAD) Rp 139 milliar naik menjadi Rp 150 milliar. Dewan terus genjot kenaikan PAD, komisi harus bisa bekerjasama dengan eksekutif,”jelas Muslimin. .
Dewan juga menyoroti keberadaan rumah sakit H.Boejasin Pelaihari. Fokus di rumah sakit untuk di lengkapi, dan untuk melengkapi sudah di anggarkan. Pada tanggal 5 Desember 2019 ini lounching RSUD. Aggaran untuk melengkapi sarana rumah sakit sendiri sebesar Rp 100 miliar. Termasuk amdal lalin sebesar Rp 2,5 miliiar.
“Pelayanan dasar pasti di utamakan, termasuk RUSD KH. Mansyur di Kecamatan Kintap. Rumah sakit menjadi sklala prioritas,”kata Muslimin pula.
Sementara itu bupati Tala H.Sukamta dalam pidatonya menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan semua pihak terhadap salah satu program kerja yang di usung dalam pembangunan di Tala 5 tahun kedepan.
Terima kasih Dandim 1009/Pelaihari, Ketua Persit Kartika Chandra Kirana yang memberi dukungan dalam kegiatan Manunggal Tuntung Pandang lewat sunatan massal dan pemasangan alat KB. Sementara untuk BAZNas dukungannya dalam program bedah rumah selain bantuan sembako untuk warga kurang mampu. Tidak ketinggalan Ketua Pengadilan Agama dalam pelayanan Isbat Nikah serta perbaikan buku nikah. Di lanjut dengan Samsat Pelaihari yang juga memberikan pajak motor, serta semua pihak yang sudah bekerjasama mendukung program, ungkap bupati.
Bupati juga memberi apresiasi kepada seluruh penerima penghargaan sepanjang tahun 2019. Termasuk apresiasi kepada atlet bridge karena secara mengejutkan berhasil menorehkan prestasi meskipun baru pertama kali mengikuti kejuaraan secara nasional tapi sudah berhasil masuk final dan merebut medali perak.
Dalam kesempatan itu, bupati juga mengungkapkan beberapa capaian program yang menjadi janji politiknya bersama Abdi Rahman. Program kredit tanpa angunan dan bunga nol persen untuk pertanian, nelayan, perikanan dan UMKM dan lain-lain sebesar Rp 100 miliar. Program yang sudah di anggarkan dalam perubahan APBD tahun 2019, saat ini progress pelaksanaannya telah berjalan dengan di louchingnya “Gapura Karomah” (Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente Bagi Ekonomi Lemah).
Program ini di jalankan melalui penunjukan kepada PT. Bank Perkreditan Rakyat (BPR) sebagai pengelola investasi. Pengajuan dari calon peminjam ke SKPD teknis sebesar Rp 5,5 miliar dan permohonan yang masuk dari SKPD teknis melalui PT. Bank Perkreditan Rakyat sebesar Rp 3,4 miliar. Dengan jumlah dana yang telah direalisasikan atau dicairkan kepada calon peminjam sampai 29 November 2019 adalah sebesar Rp 930 juta dengan jumlah kelompok sebanyak 48 kelompok dengan 440 orang anggota,” bebernya.
Atas pidato bupati Tala dewan memberikan apresiasi atas kerja keras yang sudah dilakukan bupati dan jajaran terhadap capaian pembangunan di Bumi Tuntung Pandang.
Melengkpai sidang istimewa hari jadi ini di hibur dengan penampilan dari grup musik panting yang menyambut tamu undangan di teras ruang sidang.Tung

0
0%
like
1
100%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook