PENDIDIKAN

Usulan Perbaikan Masih Nunggu Direspon

INFOTANAHLAUT.COM- SDN Pandahan 1 di Desa Pandahan Kecamatan Bati-Bati mengalami kerusakan pada bagian jendela kacanya sudah selama puluhan tahun, sehingga sementara waktu pada bagian kaca jendela di tutup dengan papan kayu. Kerusakan lain juga pada bagian palpor di luar kelas yang sduah berlobang.

Yang naman usulan perbaikan kelas oleh aparat desa setempat ke dinas terkait sudah selama 2 tahun lalu di ajukan, namun masih belum mendapat tanggapan.

Sebagai pintu gerbangnya memasuki Kabupaten Tanah Laut di Desa Pandahan, setidaknya keberadaan sekolah terlihat bagus.

Kepala Desa Pandahan Alfian Taurus, Selasa (5/12) mengatakan, kerusakan sekolah ini sudah cukup lama, mungkin selama 2 periode kepemimpinan daerah 10 tahun silam.

“usulan melalui musyawarah pembanguna (Musrenbang) di tingkat telah di ajukan pula selama 2 kali, tapi kayaknya belum tanggapan dari dinas terkait, untuk itu berharap dinas terkait segera melakukan tindakan kepada usulan perbaikan fisik sekolah,” terang Alfian.

Ia menambahkan, untuk kegiatan pelaksanaan belajar mengajar di sekolah terpaksa untuk saat ini bergantian ruang kelas. Dari pukul 08.00 wita sampai pukul 10.00 wita itu untuk kelas 1, dan pukul 10.00 wita sampai pukul 13.00 wita kelas 2 yang menggunakan kelas.

Kebaradaan bangunan SDN Pandahan 1 sendiri sangat mepet dengan bangunan kantor desa seteempat.

Kepala dinas pendidikan Tala Abdillah di konfirmasi soal ini mengatakan, terkait dengan rehbilitasi dan renovasi sekolah pertama kita ingin sekolah-sekolah tersebut memasukan daftar tentang kondisi bangunan sekolah, apakah masuk kategori rusak ringan, sedang dan berat semuanya harus di input yang namanya Depodik. Karena dengan data tersebut dilakukan visitasi (peninjauan) kelapangan untuk melihat tingkat kerusakan dari masing-masing sekolah. Atas usulan yang di ajukan pihak sekolah maupun yang di ajukan oleh masyarakat, maka di upayakan langkah-langkah selanjutnya.

“anggaran perbaikan apakah lewat APBD, atau usulan ke Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan lewat Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah. Jika usulan belum bisa di realisasi, selanjutnya bertahap sesuai dengan kondisi keuangan daerah,” kata Abdillah.

Ia menambahkan, urgensinya juga harus di lihat, ada 235 SD yang ada di Tanah Laut, dan akan di lihat mana yang paling mendesak.

Diknasbud meminta kepada sekolah-sekolah yang masih belum mendapat perbaikan atau rehab untuk bersabar, Diknasbud terus mengupayakan supaya fasilitas pendidikan atau ruang-ruang belajar bisa terpenuhi dan sesuai pula dengan standar, memberikan kenyamanan, serta keamanan bagi siswanya.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook