PARLEMENTER

Wabup Dan Ketua DPRD Yang Ikut Duduk Diterik Panas

INNFOTANAHLAUT.COM- Tragedi kemanusiaan muslim Rohingya di negeri Mynamar menjadi satu tragedi yang telah melukai hati umat muslim di dunia, termasuk salah satunya di Kabupaten Tanah Laut.
Jum’at (8/9) siang selepas solat jum’at, di motori oleh beberapa gabungan organisasi kepemudaan, Mahasiswa Tanah Laut dan perguruan pencak silat melakukan aksi long march sebagai bentuk solidaritas atas tragedi yang memilukan umat muslim dunia.
Di aksi tersebut, hanya wakil bupati Tala H Sukamta yang ikut langsung berjalan kaki dari awal keberangkatan dari halaman mesjid Al Manar Pelaihari hingga menuju depan kediaman bupati Tala di jalan Pancasila. Termasuk ketua DPRD Tala Ahmad Yani dan mantan ketua Nahdatul Ulama (NU) Tala Awang Fathudin juga turut dalam aksi tersebut, sementara pejabat lainnya tidak terlihat sama sekali.
Di tengah terik panasnya sinar matahari siang itu, peserta aksi dengan duduk tenang dan berada di lokasi yang cukup teduh dengan tertib mengikuti jalannya aksi sampai pembacaan doa.
Sementara bagi pejabat dan ketua masing-masing organisasi terlihat duduk bersila di atas aspal yang cukup panas sambil menengadahkan tangan seraya berdo’a yang di pimpin mantan ketua NU untuk kaum muslim tragedi Rohingya.
Masyarakat setempat pun berbondong-bondng menyaksikan aksi solidaritas tersebut dan duduk di sudut-sudut jalan maupun di bawah pohon.
Wakil bupati Tala H Sukamta usai pelaksanaan aksi mengatakan, di pastikan kegiatan atau aksi berjalan dengan koridor yang benar, di dalam keadaan ukhuwah dan suatu kegiatan yang tidak bertentangan dengan undang-undang pemerintahan, dan tujuannya juga baik.
“rasa bangga dengan pemuda di Tanah Laut, dan harapan besar atas adanya tragedi kemanusiaan yang paling besar di bumi saat ini, maka meminta kepada Allas SWT untuk tidak lagi terjadi di bagian bumi lainnya, semoga itu yang terakhir terjadi,” ungkap Sukamta.
Di tempat yang sama ketua DPRD Tala Ahmad Yani mengatakan pula, apresasi besar kepada pemuda yang memotori kegiatan aksi.
“spontanitas langsung mendatangi dan ikut langsung dalam aksi ketika mendengar kabar demikian, inilah tindakan nyata, jangan sampai pemuda tidur, jangan sampai pemuda di katakan ada ini ada itu, dan aksi sungguh murni yang peduli dengan kondisi umat muslim Rohingya,” kata Ahmad Yani.
Ia menambahkan, terkait adanya penggalangan dana terhadap tragedi Rohingya, maka atas nama dan sebagai ketua DPRD meminta kepada anggota DPRD Tala untuk bisa menyisihkan financialnya untuk Rohingya usai pelaksaan rapat paripurna DPRD Senin (11/9) depan.
Aksi solidaritas dengan jumlah peserta kurang lebih ratusan orang itu tersebut di akhiri dengan penggalangan dana kepada peserta aksi maupun masyarakat sekitar yang berada di dekat aksi.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook

Tentang Penulis/Jurnalis

Tim Jurnalis

Tim Jurnalis

Kami akan selalu berusaha memberikan informasi yang aktual dan terpercaya kepada pembaca setia infotanahlaut.com. Semoga media ini bisa menjadi media penambah khasanah informasi khususnya dari Kabupaten Tanah Laut.