PUBLIK

Wabup : “Ini Kantor Apa Gudang Kok Digembok”

INFOTANAHLAUT.COM-Raut wajah wakil bupati Tala Abdi Rahman yang mengenakan peci warna hitam dan baju Sasirangan warna hijau kuning nampak marah manakala melihat ruang pengawas TK dan SD di bagian belakang dekat parkiran kendaraan roda dua di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Tala yang terlihat sangat bagus itu, namun di pintu depannya terkunci plus di tambah dengan rantai yang terlilit dan tambahan kunci gembok pada pegangan pintunya.
“Mana yang pegang kunci ruangan ini, masa pada jam-jam dinas malah terkunci, malah di rantai plus gembok lagi, ini kantor apa gudang, ujar wabup saat melakukan sidak ke Disdikbud Tala, Kamis (22/11/208). Permintaan wabup untuk di bukakannya ruangan pengawas TK dan SD pun sedikit membuat keringat panas dingin kadisdikbud Tala Abdillah mengucur namun tetap tenang, pasalnya kunci ruangan tersebut di bawa pegawai Disdikbud lainnya dan saat itu yang pegang kunci gembok tidak berada di kantor Disdikbud. Wabup memutuskan untuk sidak ke ruangan lainnya sambil menunggu gembok bisa di buka, karena wabup berniat ingin masuk dan melihat kondisi di dalamnya.
Dalam sidak wabup Tala memulainya dari bagian depan Reception Disdikbud, dimana saat itu pula sejumlah guru-guru SD honor K2 sedang berada di Disdikbud untuk sebuah urusan, al hasil wabup pun berdialog dengan para guru dan momentum sidak wabup pun di manfaatkan para guru honorer K2 itu menyampaikan uneg-unegnya.
Wabup Tala pun meneruskan sidaknya di dampingi Kadisdikbud Tala Abdillah. Ruangan demi ruangan di masuki dan nampak ruangan kabid kebudayaan yang pada saat itu kosong tidak ada pegawainya. Sebagian ruangan terlihat ada beberapa pegawai itupun Pegawai Tidak Tetap (PTT). Selain kosong, di ruangan tersebut wabup melihat langsung beberapa batang kayu dengan panjang kurang lebih 4 meter yang sandarkan di dalam ruangan tersebut, selain melihat langsung tumpukan-tumpukan kardus berkas yang terlihat di susun seadanya alias tidak rapi.
Wabup Tala terus menjelajahi ruangan lainnya. Selain melihat kondisi ruangan, wabup juga masuk ke ruang kepala bidang (Kabid) dan membuka-buka laci ruangan kabid. Di laci ruangan salah satu Kabid ada saja barang-barang lain di temukan seperti bantal. Bantal itu sendiri dapat menjadi sahabat untuk rebahan di sofa, pasalnya kadang ada pekerjaan sampai malam hari.
Saat sidak berlangsug, sejumlah ASN di kantor itu pun sebagian tetap bekerja dan sebagian berkumpul melihat wabup. Dari semua ruangan yang di sidak wabup, semuanya mendapat catatan tersendiri bagi wabup agar di lakukan pembenahan.
Wabup selanjutnya bersama kadisdikbud dan para kabid pun duduk satu meja di ruang pengawas TK dan SD yang semula ruangan tersebut di kunci dengan gembok.
Usai melakukan sidak, wabup Tala kepada awak media mengatakan, dari semua ruangan yang telah di kunjungi tadi pada penataan ruangan yang masih seadanya, efeknya juga akan membuat rasa kurang nyaman bekerja bagi pegawai. Kemudian standar pelayanan yang masih kurang, dimana kadang guru-guru yang berurusan harus berdiri tidak adanya tempat duduk bagi guru-guru yang datang berurusan, maka semua ruangan harus di rapikan, apalagi banyak berkas dalam kardus yang sudah tidak terpakai lagi, kalau memang sudah tidak di perlukan lagi apa salahnya di musnahkan. Terlebih pada ruangan yang di kunci pakai gembok, kesannya bukan seperti kantor padahal ruangan bergembok itu cukup bagus dan ada AC nya, kata wabup Tala.
Ia menambahkan, di ruangan bergembok malah di temukan berkas dalam tumpukan karung, berkas lama itu harus di pilah-pilah jika tidak terpakai lagi maka di bakar atau di musnahkan saja dari pada terlihat seperti tumpukan karung Bama pakan ayam.
Wabup juga menghimbau, masyarakat untuk tetap memberikan laporan atau pengaduan lewat SMS di layanan Lapor KTA, di jamin identitas di rahasiakan, namun tentunya laporan warga pun tidak di telan bulat-bulat karena di konfirmasikan ke pihak yang terkait.
“Laporkan saja, terlebih yang menyangkut keuangan di sebuah SKPD jika itu di duga ada pemotongan,”tutup wabup Tala.
Sementara kadisdikbud Tala Abdillah menyambut baik atas adanya langkah sidak yang dilakukan wakil bupati Tala.
“Tentunya dari hasil sidak akan segera di tindak lanjuti sesuai dengan yang di inginkan wakil bupati Tala, dan hal apa yang dilakukan wabup menjadi cambuk untuk berbenah,”ungkap Abdillah.
Beberapa para guru-guru dari berbagai sekolah yang datang ke Disdikbud untuk sebuah urusan merespon hangat dengan sidak oleh wabup. Harapan mereka terjadi perubahan di Disdikbud, dan agar benar-benar pimpinan daerah tahu terhadap kondisi di Disdikbud dan mungkin tidak semata hanya di Disdikbud melainkan ke SKPD lainnya, harap salah seorang guru honorer dari Kecamatan Bumi Makmur.
Sidak-sidak semacam ini ke SKPD lainnya akan dilakukan wabup Tala, namum waktunya di rahasiakan kapan dan jam berapa.
Sidak tersebut dilakukan wabup usai membuka pertemuan dengan Forum Komunikasi Umat Beragama (FKUB) Tala di gedung Sanggar Kegiatan Belajar (SKB). Wabup pun cukup berjalan kaki karena gedung SKB tidak jauh dari Disdikbud. Menariknya, di aula Disdikbud Tala lantai 2 di saat itu bupati Tala H.Sukamta tengah membuka rakor penuntasan PAUD pra Sekolah Dasar bersama Dirjen Dikmas PAUD.Tung

4
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook