PEMKAB TALA

Wabup Pun Dapat Kewenangan Atas Tugas Bupati

INFOTANAHLAUT.COM-Sehubungan dengan banyaknya kewenangan bupati Tala dalam rangka untuk percepatan pelaksanaan visi dan misi sehingga ada beberapa sebagian kewenangan di limpahkan ke wakil bupati Tala.
Staf ahli kemasyarakatan dan SDM Husein Irianta, Kamis (27/9/2019) menjelaskan, kalau selama ini terlihat wakil bupati Tala Abdi Rahman sering melakukan sidak-sidak ke beberapa SKPD maupun rumah sakit, itu merupakan salah satu atas pelimpahan kewenangan yang sebagian di serahkan ke wakil bupati walau sejatinya kewenangan bupati Tala.
Husein menambahkan, sesuai dengan uraian pelimpahan yang tertuang dalam keputusan bupati nomor 188.45/657-KUM/2019 tentang pelimpahan sebagian kewenangan bupati kepada wakil bupati dalam pelaksanaan pemerintahan daerah di Kabupaten Tanah Laut tertanggal 31 Mei 2019, dan Peraturan Bupati (Perbup) pada tanggal 29 Mei 2019.
“Bukan lantas ada dualisme kepemimpinan di pemerintahan tapi semata-mata untuk percepatan visi misi, karena 5 tahun waktu yang tidak lama,”kata Husein.
Untuk kewenangan yang dilakukan wakil bupati sendiri sesuai keputusan di atas ada 10 SKPD yang di limpahkan ke wakil bupati Tala, dan 1 hanya pada bagian ekonomi.
Sesuai daftar kewenangan pada 10 SKPD yakni urusan Pemerintah Daerah bidang Pendidikan, Kesehatan, RSUD H.Boejasin, Dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP), Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP), Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Perdagangan, Dinas Pariwisata, Dinas Tanaman Pangan, Holtikultura dan Perkebunan (Distanholbun), Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Inspektorat, dan Sekretariat DPRD. Untuk bagian hanya pada bagian Perekonomian Pembangunan Setda Tala.
Rincian kewenangan wakil bupati Tala sendiri yakni pembinaan, supervisi dan pengawasan pelaksanaan tupoksi SKPD dan UPT. Kemudian di kecualikan pembinaan, supervisi dan pengawasan pengelolaan keuangan dan pelaksanaan kegiatan fisik dan non fisik.
Pada kewenangan di Inspektorat pembinaan, supervisi dan pelaksanaan pengawasan tupoksi SKPD. Kemudian menindak lanjuti hasil laporan dan atau temuan hasil pengawasan Aparat Pengawas (tindak lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan).
Kewenangan pada bagian perekonomian pembangunan kewenangan wakil bupati Tala yakni pembinaan, supervisi dan pengawasan BUMD. Dan pada Sekretriat DPRD kewenangannya yakni pembinaan, supervisi dan pelaksanaan pengawasan tupoksi Sekretariat DPRD serta kewenangan dalam urusan kepegawaian.
Lebih lanjut Husein mengatakan, urusan Pemerintahan Daerah wajib yang berkaitan dengan pelayanan dasar meliputi pendidikan, kesehatan dan DPUPRP. Sementara yang tidak berkaitan dengan pelayanan dasar meliputi penanaman modal, dan urusan pemerintahan pilihan meliputi perdagangan, pariwisata dan pertanian.Tung

2
66%
like
1
33%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook