PUBLIK

Wabup Pun Geleng Kepala Lihat Kondisi RS H Boejasin

INFOTANAHLAUT.COM- Kunjungan wakil bupati Tala Abdi Rahman,Spd ke rumah sakit H.Boejasin cukup membuat keheranan orang nomor dua di Tala ini hingga sampai menggelengkan kepala sebagai pertanda prihatin terhadap kondisi rumah sakit kebanggaan masyarakat Pelaihari ini. Salah satu yang membuat heran wabup saat menemukan sebuah pemanas air listrik di dalam sebuah laci di bagian loket, karuan saja membuat pegawai loket pun tersenyum bercampur malu.
Rabu (7/11/2018) wakil bupati Tala sebelum menjelajahi semua ruangan di rumah sakit, wabup Tala menyempatkan diri untuk berdialog dengan warga yang tengah berobat seraya menanyakan bagaimana proses pelayanan yang di dapat. Kunjungan ruang-ruang atau Poli pun di teruskan. Hampir tiap sudut ruangan rumah sakit tidak luput dari langkah kaki wabup untuk mengamatinya, dan dalam kunjungan di dampingi oleh masing-masing kepala ruangan karena Direktur rumah sakit tidak ada.
Dari hasil kunjungan wabup ke rumah sakit H. Boejasin, dalam keterangan persnya mengatakan, seperti halnya di ruang rawat pasein bernama ruang Nilam, sebagai ruang rawat pasien kelas 3 tersebut sangat prihatin karena tidak ada fasilitas pelengkap minimal kipas angin. Paling tidak dengan kondisi yang ada tapi fasilitas ruangan di perhatikan, dan jangan sampai pasien merasa pengap serta ada genangan air hujan.
“Diruangan rekam medik bahkan terlihat ada penumpukan bekas infus, kertas-kertas, ada bahkan genangan air, untuk itulah dalam waktu sesegara mungkin meminta keterangan ke pihak rumah sakit. Dari sisi pelayanan tenaga medis juga terlalu banyak atau berlebihan, efektif apa tidak, maka kedepannya perlu uji kompetensi atau pemetaan tenaga medis. Kebutuhan medis rumah sakit seperti apa, kalau itu memang overlap maka lebih baik di istirahatkan saja, jangan sampai membebani kerja,”kata wabup.
Pada kondisi rumah sakit yang demikian, masyarakat yang ingin berobat dengan nyaman, barangkali jauh merasakan sebuah kenyamanan. Animo masyarakat untuk berobat begitu banyak, bahkan ada warga dari Sungai Danau Kabupaten Tanah Bumbu.
Wabup menambahkan, sesegeranya untuk melakukan pembenahan terhadap kondisi rumah sakit H.Boejasin, dan tahapan selanjutnya dalam rangka menjaring aspirasi masyarakat tentang rumah sakit membuka akun untuk masyarakat bisa melaporkan atas apa yang di rasakan langsung saat berobat kerumah sakit. Akun nantinya bisa langsung di verifikasi atas keluhan masyarakat. Kalau bicara soal gedung sudah cukup bagus, namun apa artinya tanpa di imbangi dengan pelayanan yang benar-benar nyaman di rasakan masyarakat termasuk fasilitas pelengkapnya. Apalgi rumah sakit H.Boejasin sudah berbentuk Badan Layanan Usaha Daerah (BLUD), perlu pula dilakukan pengecekan berapa pendapatannya, karena BLUD masalah pendapatan di atur sendiri termasuk manajemennya.
Diruangan lainnya yakni di ruang anak-anak, masih tidak di pisahkan antara ibu pasca melahirkan dengan anak, karena masih terkumpul, itulah yang membuat overload. Ruang Nilam banjir, sungguh prihatin pasien ada kebanjiran.
Jelas hasil dari kunjungan tersebut dilakulan evaluasi kepada rumah sakit. Tidak semata hanya pada fisik rumah sakit, namun juga kepada mental, manajemen harus di siapkan dari sekarang ketika operasional rumah sakit H.Boejasin pindah ke rumah sakit yang baru, tutup wabup Tala.Tung

6
54%
like
1
9%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
1
9%
sad
3
27%
angry

Komentar Facebook