PEMKAB TALA

Wacana Terminal Tipe C Kembali Dibuka

INFOTANAHLAUT.COM- Setelah sempat vakum beberapa tahun rencana pembangunan terminal angkutan antar kota, maka kini rencana tersebut kembali di hidupkkan. Seiring dengan perkembangan daerah yang salah satunya menyangkut transportasi bagi rakyat, Dinas Perhubungan Tanah Laut kembali menggenjot wacana pembangunan terminal angkutan antar kabupaten bertipe C yang sempat tidak ada kelanjutannya.
Kepala Dinas Perhubungn Tala Andreas Evony, Jum’at (11/5) tadi mengatakan, kelanjutan pembangunan terminal bertipe C yang lokasinya di Desa Ambungan Kecamatan Pelaihari di atas lahan seluas kurang lebih 9 hektar itu kembali di lanjutkan.
“proses studi kelayakan, review analisa dampak lingkungan (Amdal) tengah dilakukan, dan segala hal-hal lainnya, dan mudahan di tahun 2019 sudah bisa di mulai tendernya,” jelas Andreas.
Sementara ini untuk terminal angkutan antar kota masih berada di lahan milik aset Polres Tala atau berdampingan dengan kantor Polres Tala di jala Kemakmuran Pelaihari.
Andreas menambahkan, keberadaan terminal jelaslah di pindah ke Desa Ambungan, dimana pada jangka panjangnya sebagai titik temu untuk menaikan dan menurunkan penumpang, dan imbasnya juga biasanya akan menjadi pusat perekonomian warga setempat, untuk itulah menyangkut studi kelayakannya harus benar-benar detail.
Efek lainnya tidak saja berimbas pada pertumbuhan ekonomi warga setempat, akan tetapi dapat pula terkoneksi dengan program Banja Bakula khususnya di bidang transportasi rakyat di 5 kabupaten di Kalsel, dan baru nanti juga akan ada trayek ke dalam kota Pelaihari hingga sampai ke kecamatan, timpal Andreas pula.
Tidak jauh dari lokasi pembangunan terminal tersebut sudah ada terdapat sejumlah fasilitas publik lainnya yakni Polteknik Negeri Pelaihari, sekolah MAN Insan Cendekia milik Kementerian Agama RI, dan dalam waktu dekat di kawasan Politeknik Negeri Pelaihari akan di bangun kampus baru untuk jurusan pertanian di bawah kewenangan langsung Kementerian Pertanian, serta kabarnya juga akan di bangun sekolah khusus tentang Penanggulangan Bencana di bawah kewenangan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang di lengkapi work shopnya.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook