DUNIA USAHA

Warga Komplek Mulai Pesan Air

INFOTANAHLAUT.COM-Musim kemarau yang mulai datang dan di perkirakan akan sampai bulan November,dan sekarang sumur-sumur warga mulai kering,utamanya bagi warga yang bermukim di komplek-komplek. Atas kondisi demikian warga di komplek pun sudah mulai memesan air bersih untuk kebutuhan sehari-hari.
Pemesanan air bersih seperti mulai dari isi 20 liter dalam tanki sebanyak 12 buah dalam 1 gerobak pun di sediakan.
Yayan,salah seorang yang memiliki sumur di Jalan Datu Daim Rt 6/2 Kelurahan Pelaihari,Sabtu (25/08/2018) pekan tadi mengatakan sumurnya kerap kali selalu menjadi tujuan pembeli air di kala musim kemarau,karena sumur tersebut dari musim kemarau yang pernah terjadi selama 7 bulan tidak pernah kering di tahun 2015 lalu.
Ia menambahkan,angkutan gerobak tanki isi 20 liter sebanyak 12 buah di sediakan kepada warga yang tidak memiliki angkutan air. Ada 3 buah gerobak yang di sediakan Yayan. Jasa pemakaian gerobak pun ia pasang dengan tarif Rp 5.000 per gerobak. Tarif tersebut ia kenakan hanya untuk biaya operasional listrik ketika mengisi air menggunakan mesin pompa air listrik untuk mengisi air ke tanki isi 20 liter.
Cukup murah,siapa saja yang perlu air namun tidak punya takni pengangkut maka telah di siapkan.
“paling jauh kalau warga menggunakan jasa gerobak air hanya ke wilayah Kelurahan Sarang Halang,”ucanpnya.
Hal serupa di utarakan Agus,ia sebagai pengantar air bersih namun dalam ukuran besar yakni menggunakan tandon isi 1.200 liter dan harus menggunkan mobil pick up.
Menurut Agus, kalau isi tandon isi 1.200 tarifnya tergantung jarak. Minimum Rp 60.000 per tandon dan semakin jauh jarak maka naik pula harganya bisa mencapai Rp 75.000 sampai Rp 80.000 sekali antar.
“Kebanyakan yang di layani adalah warga di komplek dan kos-kosan,dan dalam sehari bisa 7 sampai 8 kali mengantar air,”ucapnya.
Kegiatan Agus sudah ia lakukan sejak tahun 2015 lalu. Kalau memang kondisi air sumur kering di sebagian warga kota memang cukup kualahan melayani permintaan air bersih,sehingga kadang untuk mengisi air ke tandon dilakukan sampai pukul 03.00 wita dini hari karena memang harus antri dengan pengisi air lainnya yang sampai memanjang di sepanjang Jalan Datu Daim.
Pengisian tandon isi 1.200 butuh waktu 10 menit bagi Agus. Warga yang memerlukan air bersih oleh Agus sengaja ia tuliskan nomor hand phone di tandon yang ia bawa 081259520812,namun warga yang memesan harus sabar karena kadang terlambat mengantar lantaran banyaknya pesanan.
Warga di Jalan Datu Daim sendiri sejatinya banyak yang menggunakan air dari PDAM,namun karena awalnya sudah memiliki sumur,maka warga lebih memilih menggunakan air sumur.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook