KESEHATAN

Waspadai, Sakit Pinggang Ciri Gejala Gagal Ginjal

INFOTANAHLAUT- Gejala gagal ginjal salah satunya adalah sakit pinggang yang sering dirasakan. Namun perlu anda ketahui bahwa Sakit pinggang bisa disebabkan mulai dari yang ringan sampai sampai dengan yang berat atau serius. Dan sebagian besar sakit pinggang adalah disebabkan oleh masalah yang tidak serius dan akan membaik dengan tanpa pengobatan.

Sakit pinggang bisa disebabkan karena kesalahan Anda duduk, berdiri, bekerja, kebiasaan mengangkat sesuatu, gaya hidup, merokok, aktivitas olahraga, kebiasaan makan, minum, stress, jenis kelamin, Usia dan bahkan faktor keturunan ikut menentukan keluhan menjadi pemicu terjadinya nyeri pinggang.

Sedangkan sakit pinggang yang disebabkan karena gagal ginjal mempunyai ciri khusus, di antaranya adalah:

  1. Rasa Sakit pinggang bersifat kolik, tiba-tiba, dalam keadaan berat, sakit sekali, bahkan anda bisa berguling-guling karena menahan rasa sakit pinggang akibat gagal ginjal.
  2. Rasa Sakit pinggang dirasakan pada bagian belakang samping, di bawah tulang punggung, perut bagian bawah, lipat paha, dan di daerah kemaluan. Bahkan beberapa kasus disertai dengan rasa mual dan muntah.
  3. Rasa Sakit pinggang akibat gagal ginjal juga akan dirasakan bersamaan dengan waktu buang air kecil.
  4. Sering Kencing lebih sering dari biasanya disertai dengan darah, warna urine berubah pink, coklat, atau merah, dan berbau tidak anak. Apabila disertai infeksi, maka penderita batu ginjal akan mengalami panas, dan menggigil.

Apabila sakit pinggang yang anda alami mirip dengan gejala-gejala diatas, segera lakukan pemeriksaan ke dokter untuk dilakukan pemeriksaan X-ray dan USG, untuk memastikan penyebabnya apakah karena Gagal Ginjal atau penyebab lain. Batu ginjal sering tidak memberikan gejala yang tidak begitu berarti sehingga sering diabaikan oleh penderita. Sebagai pencegahan dan mengurangi rasa sakit pinggang, perbanyak minum, kurangi konsumsi gula dan garam, dan setiap duduk 30-60 menit sebaiknya berdiri untuk sekedar melemaskan otot-otot pada pinggang.

Kesimpulan:

  • Gejala Gagal Ginjal yang paling sering dirasakan adalah sakit pinggang yang berlebihan, kencing disertai darah,
  • Pencegahan Gagal Ginjal dan sakit pinggang adalah perbanyak minum, kurangi konsumsi garam dan gula, serta berdirilah setelah duduk selama satu jam.
0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook