PUBLIK

Wayang Kulit Bawa Pesan Untuk Pemimpin Daerah

INFOTANAHLAUT.COM-Masih dalam rangkaian memperingati hari jadi Kabupaten Tanah Laut yang ke 53, halaman stadion Pertasi Kencana Pelaihari di gelar wayang kulit semalam suntuk, Sabtu malam (8/12/2018).
Selaku dalang dalam gelaran wayang kulit yaitu Ki Dalang Bagong Dharmono,SH dari Kabupaten Boyolali Jawa Tengah, yang membawakan cerita “Noroyono Jumeneng Noto” yang di artikan tokoh wayang yakni Kresna di wisuda atau nobatkan sebagai raja. Dalam pesan sang dalang yakni sebagai seorang pemimpin harus punya sifat dan watak 8 yakni matahari, bulan, bintang, awan, angin, lautan, air dan bumi.
Ke 8 watak tersebut bahwa seorang pemimpin harus bisa melihat kondisi daerahnya termasuk sumber daya alam dan masyarakatnya, sehingga alam yang di anugerahi olah sang pencipta dapat benar-benar bermanfaat untuk kemajuan daerah dan kesejahteraan rakyat.
Disela-sela pembukaan pertunjukan wayang kulit turut dilaksanakan penyerahan dari Bank Kalsel untuk mesjid di Desa Kampung Baru Kecamatan Pelaihari sebesar Rp 10 juta, 2 buah mesjid di Desa Pemalongan Kecamatan Bajuin dan 1 Langgar di Desa Damit Kecamatan Batu Ampar masing-masing mendapat bantuan Rp 5 juta serta Langgar Desa Telaga Kecamatan Pelaihari sebesar Rp 15 juta.
Bupati Tala H.Sukamta sebelum pertunjukan wayang di mulai mengatakan, pertunjukan wayang adalah sebagai media silaturahmi, wayangan juga sebagai tontonan yang bisa menjadi tuntunan.
“Nonton wayang ada maknanya, selain sebagai ajang silaturrahmi,”kata bupati.
Pagelaran wayang kulit tersebut hasil kerjasama Pemkab Tanah Laut dengan Paguyuban Bakso dan Pentol Tanah Laut. Walaupun kota Pelaihari habis di guyur hujan deras termasuk di lokasi wayang kulit akan tetapi suasana suhu yang dingin tidak menyurutkan niat masyarakat untuk datang menyaksikan wayang kulit.
Turut berhadir ketua DPRD Kabupaten Tala Hariyanto, pimpinan Bank Kalsel cabang Pelaihari Mitra Damayanti, ketua Tim Penggerak PKK Tala Hj. Nurul Hikmah Sukamta, para Kepala SKPD, Dandim 1009 Pelaihari Letkol Infanteri Bagus Budi Adrianto dan masyarakat Tala.baz

2
66%
like
1
33%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook