WISATA

Wisata akhir pekan di Pantai Takisung

INFOTANAHLAUT- Takisung adalah nama sebuah desa yang terdapat di Kecamatan Takisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan. Objek wisata yang terkenal di daerah ini adalah Pantai Takisung yang ramai dikunjungi wisatawan domestik terutama dari daerah Banjarmasin, Banjarbaru, dan Tanah Laut pada saat hari libur.

Selain itu Takisung adalah pintu gerbang akses data untuk pulau Kalimantan yaitu dengan terdapatnya 3 (tiga) stasiun kabel laut milik 3 (tiga) operator telekomunikasi yang menghubungkan Pulau Kalimantan dengan Pulau Jawa. Operator-operator telekomunikasi yang mendirikan stasiun kabel lautnya di sini adalah PT Telkom (Persero), PT Indosat Tbk., dan PT XL Axiata Tbk. Adapun stasiun pasangan yang berada di Pulau Jawa berada di Kecamatan Ujung Pangkah, Gresik, Jawa Timur.

Pantai Takisung terletak 22 km dari kota Pelaihari ibukota Kabupaten Tanah Laut, atau 87 km dari Banjarmasin, dengan mudah mencapai objek ini karena tersedia jalan beraspal mulus dari pusat kota.

Pantai Takisung terletak di Kecamatan Takisung yaitu sebelah barat wilayah Kabupaten Tanah Laut. Berjarak kurang lebih 22 km dari kota Pelaihari atau kurang lebih 87 km dari ibu kota Kalimantan Selatan yaitu Banjarmasin. Meskipun Pantai Takisung merupakan Laut Jawa, namun ombaknya tidak besar seperti halnya pantai selatan pulau Jawa.

Sebagai objek wisata, Pantai Takisung bisa digolongkan obyek wisata pantai yang mempesona dengan pemandangan pantai yang dikelilingi oleh pohon-pohon kelapa dengan pasirnya yang coklat seperti air lautnya (untuk identifikasi airnya, yaitu dari hasil observasi didapatkan pH airnya 9 yang tergolong basa dengan suhu 250C dan kecepatan aliran airnya sebesar 1927 rpm, sedangkan tingkat kecerahan airnya sebesar 32 cm), ditemanin banyak pasar-pasar yang menjual jajanan khas pantai, mulai dari ikan asin, hiasan kerang, udang, ikan, sampai terumbu karang langsung dari nelayan.

Dengan infrastruktur yang cukup memadai, Pantai Takisung adalah salahsatu pilihan destinasi wisata diakhir pekan untuk menikmati suatu pantai. Yang berafiliasi dengan laut. Dipantai  disediakan cottage yang bisa disewa oleh pengunjung, cuma jumlahnya masih terbatas. Tidak terlalu menarik. Mungkin karena kurang dikelola dengan baik.  Ada juga pasar yang menjual aneka hasil laut dan olahannya, serta hasil-hasil pertanian masyarakat disekitar pantai. Menarik untuk dijadikan oleh-oleh.

Hiburan yang lain seperti motor ATV, banana boat yang bisa disewa dengan harga tertentu. tersedia pula payung-payung gazebo ataupun tenda-tenda yang dikelola oleh masyarakat sekitar. Sayang airnya yang keruh membuat malas untuk menceburkan diri.

Akses menuju pantai Takisung bisa melewati dua jalur, yaitu jalur melewati kota Pelaihari dan jalur yang melewati Pulau Sari. Nah kali ini saya mau share keindahan lewat jalur Pulau Sari. Kalau jalur lewat Pelaihari, udah biasa sih. Jalur Pulau Sari terletak di kecamatan Tambang Ulang (setelah kecamatan Bati-Bati, dari Banjarmasin sekitar 2 jam perjalanan). Dipinggir jalan tepat di desa Pulau Sari sobat bisa melihat penunjuk jalan yang menunjuk ke daerah Kurau.

pertama-tama melewati daerah Bingkulu. Daerah ini diselimuti oleh padang semak belukar dan kebun-kebun masyarakat. Hamparan padang semak yang luas dan berbukit-bukit sangat memanjakan mata.

Fasilitas wisata banana boat hanya dua buah sekarang sudah terdapat 14 buah. Begitu juga perahu karet yang dulu hanya beberapa buah kini sudah ratusan buah, termasuk bertambahnya jumlah armada “klotok” yakni kapal wisata kecil yang terlihat berjejer di dermaganya.

Dulu tak pernah terlihat sekarang juga berkeliaran adalah motor beroda empat, yang disewakan kepada pengunjung untuk menyusuri pantai terlihat puluhan buah pula.

Jumlah tenda yang disewakan juga kian menjamur, termasuk jumlah payung-payung warna warni di bibir pantai berjejer ratusan buah hingga pantai terlihat semarak.

Menurut penduduk setempat, bertambahnya fasilitas wisata tersebut hanya sekitar setahun belakangan ini, dampaknya wisatawan terus mengalir bukan saja membludak di hari libur tetapi juga hari-hari biasa.

Untuk kapal wisata sewanya bervariasi tergantung waktu pemakaian dan tujuannya ke Pulau Datu yang berjarak setengah jam perjalanan dari bibir pantai Takisung ini.

Kemudian ada juga Kelotok. Yakni perahu bermotor yang bisa disewa untuk mengantar Anda mengarungi laut sambil menikmati keindahan terumbu karang. Selain itu Anda juga akan dimanjakan dengan adanya pasar yang menjual jajanan dan hiasan khas pantai, seperti ikan, kerang, udang, dan terumbu karang.

Adanya tambahan fasilitas umum yang dibangun oleh pemerintah daerah Kab.Tanah Laut untuk memberikan kemudahkan dan memanjakan pengunjung yang datang, seperti tempat parkir mobil dan motor yang luas, tempat mandi untuk membasuh badan dari air asin, dan bangunan mushola untuk pengunjung yang memerlukannya

Disini tersedia juga penginapan kelas melati dengan jumlah kamar yang terbatas, pengunjung yang datang umumnya datang pagi kemudian pulang sore harinya, jarang yang menggunakan penginapan ini. Hotel dan Penginapan lain yang terdekat, dapat dijumpai di kota Pelaihari, sekitar 22 Km dari tempat wisata ini

Wisata di Pantai Takisung adalah salah satu pantai yang menawarkan panorama berbeda di kalimantan, selain itu berwisata juga bisa membeli ikan segar ataupun ikan kering di pantai.

1
100%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook