PUBLIK

Wow…Pernikanan Dini Di Tala Cukup Tinggi

INFOTANAHLAUT.COM- Dari data Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) pada kantor Wilayah Kalimantan Selatan bahwa angka pernikahan dini di Kabupaten Tanah Lait cukup tinggi dan berada di posisi ketiga se Kalsel. Sejalan dengan itu di motori oleh Kemenkumham pada kantor Wilayah Kalimantan Selatan melaksanakan Diseminasi Hak Asasi Manusia perlindungan hak anak dari perkawinan usia dini di Gedung Sarantang Saruntung Tanah Laut, Rabu (28/2).
Staf Ahli Bidang Pemerintahan Kabupaten Tanah Laut Drs.H.Sutrisno yang membuka kegiatan berharap kegiatan dapat memberikan wawasan kepada masyarakat tentang pentingnya melindungi hak-hak anak dan tidak memaksakan melakukan pernikahan dini, karena di lihat baik secara fisik, mental maupun spiritual tidak bagus untuk tumbuh kembangnya anak-anak.
Senada dengan penyampaian kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kalsel Imam Suyudi mengatakan, bahwa dari data statistik perkawinan usia dini di Kabupaten Tanah Laut cukup tinggi bahkan paling tinggi di wilayah Kalimantan Selatan, ini tentunya menjadi perhatian kita semua karena efek dari perkawinan usia dini banyak menimbulkan permasalahan dalam kehidupan berkeluarga dan masyarakat. Maka dari itu Kemenkumham Kalsel memfokuskan kegiatan diseminasi di Kabupaten Tanah Laut.
Sementara itu Nelly Ariani selaku kepala bidang pemberdayaan perempuan dan perlindungan anak yang juga sebagai nara sumber kegiatan mengatakan, tujuan kegiatan untuk menurunkan angka pernikahan usia dini karena Tanah Laut berada di peringkat 3 se Kalsel.
“ada yang namanya rekomendasi, hal itu untuk adanya perninakah di bawah umum yang harus mendapat rekomendasi dari orang tuanya,” katanya.
Nelly menambahkan, dari tahun 2017 kemarin ada sebanyak 63 kasus pernikahan dini dan daerah sebarannya yang cukup banyak yakni di Kecamatan Pelaihari, Batu Ampar, Kurau dan Bumi Makmur.
Peserta kegiatan terdiri dari para kepala Kantor Urusan Kecamatan (KUA) di seluruh kecamatan, guru-guru TK serta para pelajar.
Turut berhadir Wakil Ketua II TP PKK Tala Hj. Ayie Syahrian Nurdin dan para peserta Diseminasi HAM perlindungan hak anak dari perkawinan usia dini.Tung

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook