PEMKAB TALA

Yang Lama Tetap Difungsikan

INFOTANAHLAUT.COM-Setelah manajemen RSUD H Boejasin meninggalkan bangunan lama dan menempati gedung baru di Kelurahan Sarang Halang,kini pasca di tinggalkannya bangunan RSUD lama yang berada di Jalan H.Boejasin Pelaihari,Pemkab Tala berencana akan tetap memfungsikan keberadaan gedung lama tersebut sebagai sebuah pelayanan kesehatan.
Bupati Tala H Sukamta,Kamis (26/12) mengatakan,untuk bangunan rumah sakit lama apakah nanti bertipe C atau tipe D,dan hal itu masih harus di bicarakan terlebih dahulu bersama stake holder terkait.
“menginginkan RSUD di Kelurahan Sarang Halang itu naik ke tipe B,dan untuk bisa menjadi tipe B,maka daerah terlebih dahulu harus memiliki rumah sakit tipe C atau D,karena tipe B sifatnya rujukan,akan tetapi jika daerah tidak memiliki rumah sakit tipe C atau D maka pasien tidak akan datang ke rumah sakit tipe B,atau bahkan bisa langsung ke rumah sakit di Banjarmasin,”kata Sukamta.
Ia menambahkan,atau bahkan nantinya pasien dari Puskesmas justru larinya ke rumah sakit swasta,itu makanya rumah sakit lama tetap di fungsikan untuk mendukung dan menopang RSUD di Kelurahan Sarang Halang.
Mengenai memfungsikan kembali rumah sakit lama,oleh Sukamta pun sudah ia sampaikan di hadapan segenap kepala SKPD serta karyawan RSUD Sarang Halang,tokoh masyarakat saat peresmian pengoperasionalan rumah sakit besar tersebut beberapa waktu lalu.
Mengenai rumah sakit swasta yang ada di kota Pelaihari nantinya juga di minta rujukannya tidak perlu ke Banjarmasin, namun cukup ke RSUD H Boejasin setelah nanti di naikan ke tipe B.
“Untuk menuju tipe B sendiri tidak ingin terburu-buru sebelum mempersiapkan rumah sakit pemerintah yang tipe C dan tipe D,dan inilah supaya rakyat di Tanah Laut bisa di layani cukup di rumah sakit yang ada,”tutup Sukamta.Tung

1
10%
like
9
90%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook