RELIGI

Zuriat Martadah Silaturahmi Akbar

INFOTANAHLAUT.COM- Segenap zuriat atau keturunan dari tokoh agama maupun tokoh masyarakat di Desa Martadah Kecamatan Tambang Ulang, Rabu (28/6) melangsungkan silaturahmi akbar di halaman pondok pesantren Al Muhajiri desa setempat, disamping mengambil momentum masih dalam suasana lebaran Idul Fitri 1438 Hijriah.
Tradisi semacam ini sudah berlangsung yang ke-13 kalinya, namun lokasi tidak semata hanya di Desa Martadah, namun bagi keluarga yang masih ada keturunan atau sedarah dengan tokoh agama atau yokoh masyarakat setempat dapat melangsungkannya di daerah lain, atau dimana seorang keturunan itu menetap.
Ribuan jemaah yang datang tidak semata dari warga desa setempat tumpah ruah mendatangi silaturahmi akbar dan sekaligus menyimak tausiah dari KH.Ahmad Z dari Desa Martadah.
Setiap jemaah yang datang, maka di berikan nasi bungkus per orang.
Dalam tausiah yang di sampaikan KH.Ahmad Z menekankan kepada umat islam untuk tidak memutus tali silaturahmi, karena hal tersebut di benci oleh Rasulullah SAW, serta tidak akan mendapatkan rahmat dari Allah SWT terhadap orang tersebut.
Sementara itu, kepala Desa Martadah H Zainudin mengatakan, bahwa kegiatan semacam ini sudah turun temurun dilakukan dalam setiap tahunnya, dan kali ini bisa di bilang paling besar karena yang hadir mencapai ribuan orang dari daerah mana saja yang masih ada keturunan dengan tokoh agama maupun tokoh masyarakat Desa Martadah.
“kita ingin menyatutkan ikatan keluarga besar Desa Martadah yang saat sekarang mungkin tersebar di seluruh pelosok negeri ini,” ungkapnya.
Hal senada di utarakan pencetus silaturahmi zuriat Desa Martadah Ahmad Kaderi yang menurutnya, kegaitan ini sudah sejak di mulai sejak tahun 1940-an saat sebelum negara ini merdeka, dimana saat era menuju kemerdekaan bangsa Indonesia para keturunannya masih sedikit, namun kini keturunan warga Desa Martadah sudah menyebar dan beribu-ribu jumlahnya.
Pada silaturahmi akbar turut pula di hadiri Kapolsek Tambang Ulang Iptu Supian Noor, serta kepala Badan Penencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Tala H. Ahmad Nizar plus tokoh-tokoh agama maupun tokoh masyarakat Desa Martadah.baz

0
0%
like
0
0%
love
0
0%
haha
0
0%
wow
0
0%
sad
0
0%
angry

Komentar Facebook